Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju

Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung didampingi Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo meluncurkan Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju berhadiah total Rp 107 juta di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (26/3) siang.

Deputi Seskab bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK), Yuli Harsono, selaku penanggung jawab Lomba Media Sosial (Medsos) #MenujuIndonesiaMaju dalam laporannya mengatakan, lomba yang diselenggarakan atas kerja sama Sekretariat Kabinet (Setkab) dengan Bank Mandiri itu digelar sepanjang bulan April hingga November 2018 mendatang.

“Tiap bulan akan ada 3 (tiga) jenis lomba melalui kanal Medsos Sekretariat Kabinet, yaitu Youtube, Facebook, Twitter, dan Instagram,” ungkap Yuli.

Untuk Youtube, yang dilombakan adalah membuat vlog dan film pendek mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia, dan manfaat pembangunan bagi masyarakat, dengan durasi maksimal 5 menit.

Sedangkan untuk Twitter, menurut Yuli, ada lomba membuat moments/kultweet/chirpstory yang berhubungan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas.

“Selain itu juga ada lomba mengisi Teka Teki Silang,” sambung Deputi DKK itu. Untuk Instagram, ada lomba membuat video reportase/vlog sepanjang 1 menit, disamping juga ada menemuka kata dalam kotak.

Dan untuk Facebook, menurut Yuli, ada lomba mengisi Teka Teki Silang, dan mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden/Seskab.

“Penyelenggaraan lomba ini salah satu tujuannya adalah untuk menyampaikan kepada masyarakat mengenai hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Yuli.

Menurut Seskab Pramono Anung, sekarang ini orang baca koran sudah semakin menurun, orang nonton televisi (TV) juga jauh menurun, karena sekarang dengan gawai yang dimiliki orang bisa melihat apa saja.

“Saya ini termasuk yang jarang sekali mendengarkan berita politik di TV, saya kalau di rumah atau mobil yang saya tonton adalah olahraga, sepeda, basket NBA, atau masak-memasak, karena apa yang kita urus setiap hari ‘kan sudah politik,” ungkap Seskab.

Ia menilai, di era media sosial (medsos) sekarang ini, peran netizen sangat penting untuk mengedukasi publik. “Netizen tinggal memilih sekarang ini mau jadi haters atau mau jadi lovers. Karena menjadi lovers atau haters itu adalah pilihan,” ujar Seskab seraya menambahkan, sekarang ini, hampir semua peristiwa politik itu terjadi pembelahan yang luar biasa.

Tetapi bagusnya, menurut Seskab, peristiwa politik apapun tidak mempengaruhi peristiwa ekonomi. Karena itu, ia persilakan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo untuk terus bergerak memajukan usaha perbankan yang dipimpinnya. (sak)

Bagikan artikel ini