Mega Ikut Upacara Kremasi Raja Bhumibol

Mega Ikut Upacara Kremasi Raja Bhumibol

Utusan Khusus Presiden RI, Megawati Soekarnoputri mendapatkan giliran meletakan Sandalwood Flowers tepat di depan Jenazah Raja Bhumibol Adulyadej yang tersimpan di dalam Royal Urn yang diletakkan di puncak Royal Crematorium, 26 Oktober 2017 lalu.

Menurut rilis KBRI Bangkok, Megawati meletakkan Sandalwood Flowers beriringan dengan 42 tamu kehormatan lainnya yang terdiri dari Raja, Ratu dan Kepala Negara, serta Putra/Putri Mahkota negara sahabat.

Prosesi peletakkan Sandalwood Flowers, yang merupakan penghormatan terakhir terhadap jenazah Bhumibol Adulyadej sebelum dikremasi, dimulai oleh Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun yang diikuti oleh adik adiknya termasuk Putri Maha Chakri Sirindhorn dan anggota keluarga lainnya dari Kerajaan.

Setelah prosesi peletakan sandalwood flowers, seluruh dignitaries melakukan audiensi dengan Raja Vajilalongkorn dan keluarga kerajaan, sekalian berpamitan. Prosesi selanjutnya adalah kremasi jenazah yang dimulai pukul 22.00.

Rangkaian upacara Kremasi secara keseluruhan telah dimulai sejak 25 Oktober 2017 sore yang ditandai dengan penyalaan lilin oleh Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun di Dusit Maha Prasat Throne Hall di dalam Grand Palace.

Kemudian besok paginya dimulai dengan prosesi pemindahan Royal Urn tempat jasad Raja Bhumibol Adulyadej dari Grand Palace menuju Royal Cremation di Sanam Luang. Di Sanam Luang jenazah Raja Bhumibol diterima oleh Raja Maha Vajiralongkorn. Kemudian sekitar pukul 18.00 dilanjutkan acara doa oleh para Biksu dan penyerahan jubah monk kepada para biksu oleh Raja.

Area di sekitar Royal Cremation di Sanam Luang telah dipadati ratusan ribu masyarakat yang telah berdatangan sejak tanggal 25 malam. Bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke Sanam Luang, pihak Kerajaan dan Pemerintah Thailand menyediakan 85 Replika Royal Cremation yang tersebar diseluruh Thailand termasuk 9 buah di Bangkok. (sak)

Bagikan artikel ini