Mengejar Target Pembangunan Tol

Mengejar Target Pembangunan Tol

Proyek jalan tol transumatera di ruas Palembang – Simpang Indralaya dipantau kemajuan pembangunannya oleh Tim Komisi VI DPR RI beserta Kementerian BUMN RI. PT Hutama Karya mendapat penugasan dari Pemerintah untuk pembangunan jalan tol ruas Palembang–Simpang Indralaya ini.

Direktur Utama PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra menyampaikan kemajuan pembangunan konstruksi proyek ini per 17 Februari 2017 telah mencapai 46,6 persen. Sementara kemajuan pembebasan lahan telah menyentuh angka 97,68 persen.

Target penyelesaian proyek jalan tol sepanjang 22 Km dicanangkan pada Juli 2017 dan dilanjutkan dengan uji layak selama 2 bulan, sehingga pada November 2017 jalan tol ruas Palembang–Simpang Indralaya telah dapat dioperasionalkan untuk umum.

Disampaikan pula untuk menghadapi lalu lintas kendaraan hari raya lebaran 2017 ini, seksi 1 Palembang–Pamulutan sepanjang 7,75 Km akan siap digunakan sebagai jalur mudik. Percepatan pembangunan Jalan tol Palembang–Simpang Indralaya ini berkaitan pula dengan pengembangan wilayah Kawasan Merak–Bakauheni–Bandar Lampung–Palembang–Tanjung Api-api (MBBPT).

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Pontas Tambunan menyebutkan bahwa pembangunan jalan tol Palembang–Simpang Indralaya telah sampai pada titik seperti saat ini tidak lepas dari peran dan dukungan Pemerintah Sumatera Selatan yang responsif.

“Pemerintah dan BUMN pun dalam proyek kali ini melakukan pembagian investasi dengan kondisi modal lebih besar daripada pinjaman, sehingga diharapkan modal itu dapat cepat kembali,” pungkas Pontas Tambunan. (sak)

Bagikan artikel ini