Mengenal Kabaddi, Olahraga Apa Ini?

Mengenal Kabaddi, Olahraga Apa Ini?

Asian Games 2018 tengah berlangsung di Jakarta dan Palembang. Terdapat 40 cabang olahraga yang dimainkan pada perhelatan ini, salah satunya Kabaddi.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa itu Kabaddi. Maklum Kabaddi memang tidak setenar bulu tangkis atau sepakbola

Permainan ini berasal dari India dan telah ada sejak ribuan tahun lalu. Kabaddi berasal dari kata ‘kai pidi’ (bahasa Tamil) yang artinya ‘berpegangan tangan’. Bahkan sekolah-sekolah di India telah memainkan permainan ini untuk latihan fisik murid-muridnya.

Setiap tim terdiri dari 7 orang pemain. Satu perwakilan dari setiap tim akan menyerang tim lawannya dan menyentuh salah satu lawannya lalu kembali ke area timnya.

Yang membuat permainan ini unik adalah setiap pemain harus meneriakan ‘Kabaddi, kabaddi, kabaddi’ secara berulang-ulang sambil menahan nafas. Lalu tim lawan harus menahan penyerang hingga akhirnya tidak kuat untuk menahan nafas lagi.

Kabaddi ini pertama kali dimainkan di ajang Asian Games ke 11 di Beijing. Di Bangladesh, Kabaddi telah diakui sebagai permainan nasional pada tahun 1972.

Olahraga ini dimainkan di seluruh negeri dan merupakan permainan resmi di negara bagian Punjab, Tamil Nadu, Bihar, Telangana dan Maharashtra. Di luar India, olahraga ini adalah kegiatan yang populer di Iran.

Kabaddi adalah permainan nasional Bangladesh dan juga merupakan salah satu olahraga nasional Nepal yang diajarkan di semua sekolah negeri.

Kabaddi juga populer di bagian lain dunia di mana ada komunitas India dan Pakistan seperti di Inggris. Olahraga ini diatur oleh Inggris Kabaddi Federation UK.

Ada banyak variasi regional dari permainan Kabaddi di India, termasuk versi Sanjeevani, Gaminee, Punjabi dan Amar, yang semuanya memiliki interpretasi yang sedikit berbeda dari permainan dan aturannya.

Tujuan keseluruhan dari gim ini adalah hanya mencetak lebih banyak poin daripada tim lawan dalam waktu yang ditentukan.

Untuk melakukan ini, setiap tim harus berusaha untuk mencetak poin dengan menyerang dan bertahan.

Ketika menyerang, tim ofensif mengirim seorang ke babak oposisi yang harus menyentuh salah satu anggota oposisi untuk mencetak satu poin.

Ketika defensif, tujuannya adalah untuk menangkap penyerang atau hanya dengan mencegah mereka kembali daerahnya.

Kabaddi dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari dua belas pemain. Namun, hanya tujuh pemain per tim yang diizinkan di bidang permainan pada satu waktu.

Kabaddi bermain di lapangan berukuran 13m x 10m dan dipisahkan menjadi dua bagian oleh garis putih, satu tim menempati masing-masing setengah lapangan.

Tidak seperti banyak olahraga dan permainan populer lainnya, Kabaddi adalah olahraga yang benar-benar tidak membutuhkan peralatan, pakaian, atau aksesori khusus.

Karena sifat fisik Kabaddi, pertandingan dikategorikan dalam kategori usia dan berat. Durasi pertandingan adalah dua bagian dari 20 menit dengan istirahat setengah waktu 5 menit. (ist)

Bagikan artikel ini