Menpora: Bangunlah Indonesia Dari Desa

Menpora: Bangunlah Indonesia Dari Desa

Menpora Imam Nahrawi menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Utama Dalam Rangka Kaderisasi Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) di GOR POPKI, Cibubur, Rabu (15/11) sore.

PMMD merupakan salah satu program prioritas nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga pada tahun 2017 dalam rangka mendukung gerakan revolusi mental dikalangan pemuda yang memiliki karakter kemandirian, jiwa kepeloporan, dan kesukarelawan yang berusaha menggerakkan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan di pedesaan.

Kegiatan ini diikuti oleh1500 pemuda dari 10 Provinsi di Indonesia. Kesepuluh Provinsi tersebut adalah Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Menpora hadir bersama istrinya Shobibah Rohmah didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Ni`am, Staf Khusus Kepemudaan Zainul Munaschin, Staf Khusus Harmonisasi dan Kemitraan Anggia Ermarini, dan Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan dan Duta Pemuda dan Pelajar Gloria Natapradja Hamel.

Menpora mengatakan tujuan para peserta sebanyak 1500 berkumpul di sini agar kalian memiliki visi dan misi bersama dan menyatukan tekad bagaimana kita menjadi pioner, suritauladan bagi anak muda di desa-desa. Tugas pokok kita adalah menumbuhkan kewirausahaan, ekonomi kreatif, berkarya dan berinovasi untuk pemuda desa.

“Kalian sudah punya tekad, niat dan keahlian termasuk Sarjana Olahraga yang kami harapkan bisa menggerakkan anak-anak di desa dan kampung untuk memiliki kemauan dan keterampilan berolahraga. Bahkan keterampilan menjadi petani ataupun nelayan bisa dimanfaatkan dan digerakkan dengan baik,” kata Menpora penuh semangat.

“Manfaatkan sosmed sebagai hal positif untuk menyebarkan dan mengabarkan informasi dengan baik. Kalian harus menjadi contoh bagi pemuda-pemuda di Indonesia. Generasi milineal adalah generasi yang akan membawa dan menjadi pelopor negeri ini. Lakukan sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk orang lain, tularkan semangat gotong royong. Kita membangun desa berarti di situlah kita membangun Indonesia,” tegasnya.

PPMD memiliki tujuan memfasilitasi pemuda agar memiliki kapasitas dan daya saing untuk mewujudkan kemandirian pemuda. Selain itu juga untuk mengembangkan potensi pemuda agar memiliki jiwa kepemimpinan, kepeloporan dan kesukarelawanan. Termasuk melakukan giat olahraga di perdesaan.

Sementara target program unggulan PMMD ini untuk terciptanya pemuda mandiri, hebat, bermartabat, dan berdaya saing serta terwujudnya pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kepeloporan dan kesukarelawanan dalam menggerakkan berbagai potensi di perdesaan.

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni`am mengatakan komitmen pemerintah salah satunya adalah mengoptimalkan pembangunan mulai dari desa. Anda semua adalah agen perubahan sosial di lingkungan desa masing-masing.

“Kita harapkan 1500 pemuda bisa menggerakkan 1,5 juta pemuda Indonesia. Ini amanah, tanggung jawab dan kepercayaan jadi semua peserta harus siap. Ini komitmen Indonesia membangun dari desa, dan komitmen ini bisa diperluas di seluruh Indonesia. Semoga apa yang kalian lakukan memiliki manfaat untuk masyarakat Indonesia,” katanya. (sak)

Bagikan artikel ini