Naturalisasi Pebasket Anthony W Cates Jr

Naturalisasi Pebasket Anthony W Cates Jr

Atlet basket Anthony Wayne Cates Jr asal Amerika Serikat yang ingin menjadi warga negara Indonesia mendapat pertimbangan oleh Komisi X DPR RI pada agenda Rapat Kerja (Raker) dengan Menpora Imam Nahrawi di Ruang Rapat Komisi X, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/9) sore.

Anthony sebagai olahragawan yang berkebangsaan Amerika Serikat telah mengajukan proses pewarganegaraan untuk menjadi warga negara Indonesia, dan setelah verifikasi administrasi Menpora mengeluarkan rekomendasi untuk proses selanjutnya sesuai peraturan yang berlaku.

Dalam konteks keolahragaan, sesuai ketentuan UU Sistem Keolahragaan Nasional, pewarganegaraan (naturalisasi) merupakan salah satu bentuk penghargaan dibidang olahraga yang diberikan kepada olahragawan, pembina olahraga, dan tenaga keolahragaan warga negara asing yang berprestasi atau memiliki jasa luar biasa terhadap kemajuan keolahragaan nasional.

Selain hal tersebut, juga diharapkan mendongkrak prestasi diajang-ajang internasional, baik dari segi keatletannya itu sendiri maupun dampak penularan skill dan pola latihan yang dapat dikembangkan.

“Setelah melakukan verifikasi administrasi dari berbagai persyaratan undang-undang dan surat permohonan menjadi WNI dari yang bersangkutan, dengan ini kami hadirkan Anthony Wayne Cates Jr, atlet basket, untuk selanjutnya dapat dites menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengucapan teks Pancasila, semoga Komisi X DPR RI dapat memberikan pertimbangan proses selanjutnya,” kata Menpora.

Selanjutnya atas seizin Ketua Rapat Ferdiansyah, dengan didampingi Paskibraka yang membawa Bendera Merah Putih, Anthony berdiri tegap dan dengan lancar serta sempurna menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila.

Semakin mengharukan, nilai nasionalisme untuk menjadi atlet pembela kejayaan olahraga Indonesia ditunjukkan dengan penghormatan dan penciuman bendera Merah Putih.

Di akhir rapat, Ketua Rapat Pimpinan Komisi X DPR RI Ferdiansyah membacakan kesimpulan, yaitu Komisi X DPR RI memberi pertimbangan permohonan Kewarganegaraan Riatas nama Sdr Anthony Wayne Cates Jr untuk dapat dilanjutkan prosesnya menjadi WNI. “Tapi dengan catatan penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya.

Secara faktual, sejak program naturalisasi digulirkan pada tahun 2009, olahragawan asing yang telah menjadi WNI sampai saat ini berjumlah 15 orang. Bila nanti dapat disetujui sampai mekanisme akhir, maka Anthony Wayne Cates Jr menjadi naturalisasi yang ke-16. (sak)

Bagikan artikel ini