Nyamannya Kereta Tidur Harga Rp 900rb

Nyamannya Kereta Tidur Harga Rp 900rb

Menjelang lebaran lalu PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan kereta kelas luxury jenis sleeper atau kereta tidur. Kereta buatan PT INKA itu melayani rute Jakarta-Surabaya yang menempel rangkaian kereta api (KA) Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya (Pasarturi).

Pada hari pertama pengoperasiannya, tiket kereta tidur langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat. Banyak masyarakat yang ingin mencobanya secara langsung.

Salah satu penumpang pertama kereta kelas luxury Endah Wijayanti menilai, kereta sleeper memiliki fasilitas yang sangat nyaman sekali khususnya ada pada kursinya. “Ternyata nyaman (keretanya). Sesuai dengan gambar,” ucapnya.

Apalagi lanjut Endah, kursi yang disediakan juga sangat amat nyaman layaknya di pesawat. Belum lagi, kursi tersebut bisa diatur posisinya lewat tombol yang ada di samping kanan kursi. “Tempat duduknya kaya kelas bisnis (di pesawat),” ucapnya.

Endah juga menambahkan, berbagai fasilitas lainnya juga sangat amat memuaskan. Sebab, selain kursi yang super nyaman, ada juga TV 12 inchi yang siap menemani dirinya selama perjalanan.

Dengan berbagai fasilitas yang begitu mewahnya, jadi alasan mengapa penumpang rela merogoh kocek sebesar Rp 900.000 demi menikmati kereta kelas luxury itu. Karena antara harga dan fasilitas yang diberikan sangat sepadan.

Beberapa layanan eksklusif yang ditawarkan serupa dengan kelas bisnis di pesawat. Mulai dari kursi yang dapat direbahkan hingga 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headset.

Selain itu ada USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi.

Dalam satu kereta sleeper, hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rute pertama kereta sleeper dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya untuk melihat respon masyarakat terkait kehadiran kereta tersebut. “Kalau diminati, mungkin jalur Selatan kalau mungkin dilewati juga,” ujar Edi di Stasiun Gambir, Jakarta.

Muncul wacana bahwa kereta sleeper juga akan digandeng dengan kereta lainnya seperti Gajayana relasi Stasiun Gambir-Malang. Edi tak menutup kemungkinan bahwa kereta sleeper akan ditempel pada rangkaian kereta jurusan lain di pulau Jawa. “Kalau diminati, di Gajayana juga, rute Jogja, Solo juga, atau mungkin Purwokerto juga,” kata Edi.

PT KAI berencana menambah jumlah kereta sleeper. Selain empat yang sudah beroperasi, ada enam kereta sleeper yang masih dibuat PT INKA. Edi mengatakan, kereta sleeper patut dibanggakan karena buatan dalam negeri. Tiketnya langsung ludes terjual begitu dibuka.

Ada dua waktu keberangkatan kereta sleeper dari Jakarta dan Surabaya. Kereta paling pagi berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 09.30 WIB dan sampai di Surabaya pukul 18.30 WIB. Keberangkatan kedua dari Stasiun Gambir pada pukul 21.30 WIB dan tiba di Surabaya pukul 06.30 WIB keesokan harinya.

Sementara dari Stasiun Pasarturi, keberangkatan pertama pukul 08.00 WIB dan sampai di Jakarta pukul 17.00 WIB. Keberangkatan kedua yakni pukul 20.00 WIB hingga sampai Jakarta pukul 05.00 WIB keesokan harinya. (sak)

Bagikan artikel ini