Pameran Tentang GBK di Balai Kirti

Pameran Tentang GBK di Balai Kirti

Menyambut kemeriahan perhelatan olahraga akbar Asian Games yang jatuh pada Agustus mendatang, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menggelar pameran temporer bertemakan “Dua Presiden RI Tuan Rumah Asian Games 1962-2018”.

Tidak tanggung-tanggung, museum yang berlokasi di kawasan Istana Bogor ini menghadirkan puluhan koleksi yang terdiri dari buku, arsip sejarah, dokumen, maket, foto-foto terkait pembangunan Gelora Bung Karno.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dalam rangka menggelorakan kemeriahan Asian Games 2018, sekaligus memperingati empat tahun berdirinya museum pada Oktober mendatang.

Museum yang dikenal sebagai tempat menyimpan benda-benda bersejarah makin memperluas fungsinya sebagai tempat menimba ilmu ke masyarakat luas.

Oleh karena itulah, pameran temporer ini digelar agar masyarakat menjadikan museum sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, melalui pameran ini setidaknya mampu menghidupkan kembali ingatan kolektif masyarakat terhadap Asian Games yang pernah digelar di Indonesia pada tahun 1962.

“Bahwa ini memang upaya kecil dari Kemendikbud untuk menggemakan Asian Games 2018 ini. Dan pameran ini mengingatkan kembali di masa itu orang bergotong royong mempersiapkan Asian Games,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ingin terus mengedukasi para pengunjung dengan melihat langsung bagaimana proses kreatif Presiden Soekarno dan Presiden RI Joko Widodo dalam menyuguhkan sebuah karya seni yang apik di ajang olahraga bertaraf Internasional.

Pemikiran dua Presiden RI inilah yang menjadi objek pameran tersebut, tercermin dari desain-desain dan arsitektur yang dihadirkan.

Yuke Ardianti, Kurator Pameran Temporer Asian Games mengatakan, penampilan GBK saat ini sesuai arahan presiden yang dibuat lebih futuristik.

Sehingga memberi semangat baru GBK sebagai pusat stadion olahraga yang juga sebagai monumen nasional. Koleksi-koleksi proyek revitalisasi GBK pun dideskripsikan dalam bentuk gambar dan rekaman masa lalu.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menampilkan berbagai koleksi-koleksi foto hingga arsip sejarah. Diantaranya foto, dokumen, patung, maket hingga buku-buku yang mengulas tentang Gelora Bung Karno.

Oleh karena itu, perkaya pengetahuan sejarah dengan datang langsung ke pameran yang dilaksanakan sejak 20 Mei – 31 Agustus 2018. (sak)

Bagikan artikel ini