Pekerja Pro Indonesia Terpede Ketiga

Pekerja Pro Indonesia Terpede Ketiga

Jaringan profesional LinkedIn merilis studi berjudul Your Story @Work. Dalam studi ini, LinkedIn mengungkap pentingnya peran profil profesional online bagi profesional yang ingin mengembangkan karier lebih lanjut.

Berdasarkan studi LinkedIn, Indonesia memiliki jumlah profesional dengan tingkat kepercayaan diri tertinggi ketiga di dunia (52 persen), setelah Tiongkok (54 persen) dan India (55 pertsen). Jauh melampaui rata-rata dunia (35 persen).

Survei juga mengonfirmasi bagaimana cerita tersebut memang mendapat perhatian dari para perekrut. Sebanyak 78 persen pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan bahwa mereka selalu melihat profil milik kandidat potensial.

Disebutkan pula 74 persen profesional di Indonesia percaya bahwa berbagi cerita tentang pencapaian profesional berpengaruh penting terhadap perkembangan karier mereka.

Jumlah tersebut di atas rata-rata dunia yang hanya 69 persen. Kepercayaan tersebut juga disokong kepercayaan diri profesional dalam hal menceritakan pencapaian karier mereka.

“Indonesia memiliki pasar kerja yang sangat dinamis dan menawarkan begitu banyak kesempatan, karena itu diferensiasi semakin penting,” jelas Feon Ang, Senior Director LinkedIn Talent Solutions Asia Pacific.

Kemampuan mengomunikasikan cerita serta pencapaian karier secara online, akan membantu profesional bersaing dan juga sukses di berbagai hal yang mereka lakukan.

Sekitar 97 persen profesional Indonesia mengatakan membuat kesan pertama yang baik itu penting selama proses pelamaran. Dan, hampir 71 persen dari mereka setuju bahwa sulit mengatasi kesan pertama yang buruk. (sak)

Bagikan artikel ini