Pelabuhan Penyeberangan Sekelas Bandara

Pelabuhan Penyeberangan Sekelas Bandara

Penantian panjang masyarakat Tanjungpinang memiliki pelabuhan penyeberangan yang nyaman dan apik tinggal sekejap lagi. Sebagai pelabuhan utama di Tanjungpinang, Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) di Provinsi Kepulauan Riau sudah dalam masa akhir renovasi. Bahkan kini pembangunan fisik boleh dikatakan rampung 100 persen.

General Manager PT Pelindo Tanjungpinang I Wayan Wirawan mengatakan saat ini pihaknya tinggal menunggu furnitur dan penataan interior untuk pelabuhan internasional. “Untuk dalam negeri sudah kami operasikan. Kalau yang internasional masih menunggu furniturnya datang dari Jakarta,” ungkap Wayan, pekan lalu.

Kualitas furnitur jadi perhatian guna penataan desain interior pelabuhan. Itulah mengapa furnitur, bahkan peranti sound system-nya harus didatangkan dari Jakarta. “Karena kami ingin terminal di Pelabuhan SBP ini standarnya sama dengan bandara pada umumnya,” ujarnya.

Peningkatan layanan lain yang akan coba diberikan adalah konsep terminal pintar. Yakni dengan penerapan e-money yang membuat pas masuk pelabuhan tidak lagi berkonsep kertas karcis, melainkan tap and go, tinggal pakai kartu dan calon penumpang bisa lekas melenggang.

Kami juga masih menunggu sound system dari Jakarta. Secara fisik akan kami resmikan. Dan terminal ini juga akan berkonsep, menggunakan kartu. Harapannya menjadi percontohan smart terminal di Indonesia. “Harapannya kami ingin Pelabuhan SBP juga bisa menjadi percontohan di tingkat nasional,” kata Wayan.

Lantas kapan renovasi ini akan diresmikan? Wayan belum bisa memberi tanggal pasti. Namun, ia membocorkan, bulan depan bisa jadi waktu yang paling tepat. “Inshaa Allah di pertengahan April kami akan launching terminal dengan perlengkapan-perlengkapannya. Karena ada wacana, yang meresmikan gubernur BI,” pungkas Wayan. (ist)

Bagikan artikel ini