Pelatihan Berkuda di Candi Prambanan

Pelatihan Berkuda di Candi Prambanan

Taman Wisata Candi Prambanan menghadirkan wahana bari bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Ketangkasan berkuda, akan menjadikan liburan semakin menyenangkan di Candi Prambanan.

“Medio pertengahan September yang lalu kami bekerjasama dengan komunitas dari wilayah Klaten untuk menambah satu atraksi baru di Taman Wisata Candi Prambanan, kegiatan ketangkasan berkuda,” kata General Manager Taman Wisata Candi Prambanan Pujo Suwarno.

Konsep keberadaan kuda yang ada di Taman Wisata Candi Prambanan ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk berkeliling kawasan Prambanan dengan naik kuda, tetapi wisatawan, pengunjung ini bisa juga belajar ketangkasan berkuda.

“Tidak hanya belajar naik kuda saja, tapi juga ketangkasan berkuda. Ini kami ada beberapa paket, artinya ada beberapa kelas. Dan ini terus terang beberapa pondok pesantren ada kerjasama juga terkait dengan pengiriman santri–santrinya untuk mengikuti program pelatihan ketangkasan berkuda ini,” jelasnya.

Untuk biaya menunggang kuda ini Rp 50.000, sedangkan untuk paketnya bervariasi. Ada yang 10 kali pertemuan, ada yang cukup 2 jam pertemuan. Harganya pada kisaran Rp 150 ribu sampai Rp 1,4 juta.

Pujo juga menjelaskan dari sisi pelatihan, peserta akan mendapatkan pengetahuan dasar tehnik naik kuda, cara berinteraksi dengan kuda, cara naik kuda yang benar, bagaimana mengendalikan kuda, sekaligus proses interaksi bagaimana agar kuda mengikuti kemauan kita.

“Bukan kita yang mengikuti kemauan kuda. Kira–kira konsep pengetahuan dasar itu yang akan kita tanamkan kepada peserta yang mengikuti pelatihan,” kata Pujo.

Untuk sementara ini masih ada 4 kuda yang ditempatkan di Taman Wisata Candi Prambanan. Namun kedepan akan ditambahkan lagi jumlah kuda yang ada. (sak)

Bagikan artikel ini