Pelindo III Bina UMKM Tingkatkan Kualitas

Pelindo III Bina UMKM Tingkatkan Kualitas

PT Pelindo III menyatakan perlunya peningkatan kualitas UMKM baik sisi produk maupun manajemen guna menghadapi persaingan pasar. Pelindo III rutin melakukan pelatihan dan pendampingan bagi sekitar 2.559 UMKM binaan.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan mengatakan, jumlah UMKM di Indonesia yang begitu banyak mengakibatkan tak sedikit UMKM memiliki usaha sama. Untuk dapat bersaing, pemilik usaha harus memiliki keunikan dan sesuatu yang khas dari produknya dapat dijual ke masyarakat.

“Kita lihat saja usaha batik, pengrajin batik begitu banyak. Masing-masing punya corak dan ciri khas sendiri. Masing-masing juga memiliki pelanggan sendiri. Itulah yang harus dimiliki para UMKM yang lainnya,” ujar Yon Irawan melalui rilisnya.

Selain memberikan pelatihan dan pendampingan, Pelindo III rutin mengajak UMKM binaan ikut pameran. Ini penting untuk mengukur seberapa jauh produk mereka diterima masyarakat.

Menurutnya, kreativitas UMKM juga dibutuhkan untuk membuat produk mampu merebut pasar. Yon menyontohkan ada satu mitra binaan Pelindo III yang membuat kaligrafi dengan menggunakan jarum pentul. Jarum disusun menjadi pola kemudian diikat benang yang membuat rangkaian menjadi indah.

“Ada juga mitra binaan yang melakukan pengolahan belimbing manis. Tak tanggung-tanggung, melakukan riset manfaat belimbing. Mereka juga riset pasar untuk mengetahui cara termudah mengkonsumsi belimbing. Akhirnya jadilah manisan belimbing, sirup belimbing, dan banyak varian lainnya,” tambahnya.

Hingga akhir 2015 dana yang telah disalurkan Pelindo III untuk pengembangan UMKM di Indonesia mencapai Rp 229,38 miliar. Dengan total UMKM yang tercatat sebanyak 5.413 UMKM. (sak/foto humas pelindo 3)

Bagikan artikel ini