Pelindo III Suplai Semen Murah (Lagi)

Pelindo III Suplai Semen Murah (Lagi)

PT Pelindo III melanjutkan program rumah kit. Setelah sebelumnya sukses menjalan program rumah kita yang perdana dengan melakukan pengiriman semen ke Wilayah Timur Indonesia sebanyak tiga petikemas ke wilayah Kupang, Waingapu dan Rote pada April lalu.

Kini Pelindo III kembali melakukan pengiriman semen sebanyak 2700 sack ke wilayah Waingapu dan Rote yang dibagi menjadi enam petikemas dengan satu petikemas berisi @450 sack. Pemuatan petikemas dilakukan akhir Agustus lalu di Terminal Jamrud Selatan Pelabuhan Tanjung Perak dengan menggunakan Kapal Pelni.

Turut hadir President Director Pelindo III Ari Askhara; GM Pelindo III Tanjung Perak, Joko Noerhudha; Pejabat Struktural PT Semen Indonesia, PT Pelni dan PT Bulog serta para stakeholder di Pelabuhan Tanjung Perak untuk menyaksikan pemuatan petikemas.

Ari Askhara menyebut Pelindo III bersama Pelni dan Bulog dipercaya untuk menjalankan program rumah kita guna mengurangi disparitas harga bahan-bahan strategis yang berada di Indonesia Timur.

Saat ini semen dengan berat 40 kg di kedua wilayah tersebut seharga Rp 55.000 dan Pelindo III akan menjual semen tersebut dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 47.500.

“Dengan Pelindo III menjual harga dibawah pasar diharapkan harga semen disana juga akan turun sehingga daya beli masyarakat semakin meningkat,” tuturnya seraya menambahkan bahwa masing-masing BUMN yang terlibat akan memiliki fungsi dan tugas masing-masing.

Pelindo III bertugas untuk menyediakan dan menyiapkan tempat perdagangan dan tempat penyimpanan untuk bahan kebutuhan pokok; Menyiapkan rencana lokasi pelabuhan, gudang, fasilitas dan peralatan serta pelayanan jasa kepelabuhanan.

Sedangkan Bulog bertugas untuk menyiapkan kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan masyarakat di gudang/tempat penyimpanan; Melakukan pendistribusian bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat, termasuk melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dan Pelni bertugas dalam hal pengangkutan dengan menyelenggarakan angkutan kapal tol laut guna pendistribusian bahan kebutuhan dan juga menjamin slot ketersediaan ruang di angkutan kapal tol laut untuk barang yang sudah terjadwalkan untuk pengiriman.

Vice President Corporate Communication Pelindo III, Widyaswendra mengatakan bahwa program Rumah Kita merupakan program dari Kementerian Perhubungan sebagai pendukung program to laut.

Rumah Kita yang berfungsi sebagai sentra logistic merupakan tempat untuk menampung barang-barang guna mempertahankan harga sekaligus mengumpulkan barang untuk jalur balik.

“Dalam menjalankan program ini, Pelindo III diberi tanggung jawab untuk di wilayah Dompu, Waingapu, Rote dan Kalabahi. Dengan adanya ‘Rumah Kita’ akan membuat muatan saat kapal kembali menjadi meningkat sehingga akan terjadi penurunan harga,” pungkasnya. (sak)

Bagikan artikel ini