Pemenang Indonesia Museum Awards 2017

Pemenang Indonesia Museum Awards 2017

Tahun 2017 merupakan tahun keenam penyelenggaraan Museum Awards, dan tahun ini adalah tahun kedua Komunitas Jelajah melakukan penilaian museum yang menjangkau seluruh Indonesia. Oleh karena itu, nama Museum Awards berubah menjadi Indonesia Museum Awards.

Apresiasi tahun ini fokus kepada komunikasi museum, bagaimana museum menyampaikan informasinya dan bagaimana museum mengemas informasi dalam seluruh aktivitasnya.

Penilaian dilakukan dengan kategori Museum Cerdas, Museum Cantik, Museum Bersahabat, Museum Menyenangkan, dan Museum Unik. Di samping itu, dilakukan pemberian penghargaan terhadap tokih-tokoh yang memiliki kepedulian terhadap museum.

Dewan juri yang mengambil penilaian adalah tokob-tokoh yang tidak asing lagi seperti Wiendu Nuryanti, Anggit Hernowo, Bambang Eryudhawan, Ibnu Hamad dan Yadi Hendriana.

Komumitas Jelajah sendiri terdiri dari banyak tokoh sebagai Dewan Pembina, yaitu Andy F. Noya, Fadli Zon, Hamdani Masil, Putu Supadma Rudana, Sylviana Murni, H Suprawito dan Yunus Arbi.

Ajang penghargaan Indonesia Museum Awards 2017 kali ini diselenggarakan di Gedung Sate, Bandung, pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, beberapa waktu lalu. (sak)

Daftar Pemenang:

– Pemenang Kategori Museum Cerdas: Museum Ruwa Jurai, Lampung
– Pemenang Kategori Museum Cantik: Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta
– Pemenang Kategori Museum Bersahabat: Museum Benteng Heritage, Banten
– Pemenang Kategori Museum Unik: Museum Kata Andrea Hirata
– Pemenang Kategori Museum Menyenangkan: Museum Konferensi Asia Afrika
– Perguruan Tinggi Peduli Museum: Universitas Negeri Yogyakarta.
– Media Peduli Museum: Media Indonesia
– Pengusaha Peduli Museum: Ir Ciputra
– Pejabat Peduli Museum: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
– Pengabdian Sepanjang Hayat: H Santosa Doellah (Museum Danar Hadi)
– Tokoh Peduli Museum: BJ Habibie

Bagikan artikel ini