Pemenang Kalbe Junior Scientist Award 2018

Pemenang Kalbe Junior Scientist Award 2018

PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) mengumumkan sekaligus memberi penghargaan kepada 10 pemenang (terunggul) dan 1 pemenang terfavorit Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2018.

Pemberian penghargaan KJSA 2018 yang diselenggarakan di Pasar Seni Ancol Jakarta diserahkan oleh Irawati Setiady selaku Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk dan LT Handoko selaku Ketua Dewan Juri KJSA 2018.

Tiga hari sebelumnya, 20 finalis telah melakukan presentasi karya sains dihadapan dewan juri. KJSA merupakan program penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk tingkat sekolah dasar.

Penghargaan bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas anak-anak di Indonesia melalui karya sains di bidang IPA Terpadu, teknologi terapan, dan matematika.

Kalbe berkomitmen memperkenalkan sains sejak dini kepada anak-anak Indonesia sekaligus meningkatkan kreatifitas anak dalam memecahkan masalah sehari-hari dengan sains.

“Kami berharap dengan KJSA, Kalbe dapat ikut membangun anak-anak dalam budaya sains, teknologi, engineering dan matematika yang merupakan modal penting bagi kemajuan sains Indonesia,” ujar Irawati Setiady.

“Kriteria yang dipakai dalam penjurian adalah kreativitas, inovasi, originalitas tanpa mengesampingkan nilai integritas, artinya ide pembuatan karya merupakan ide dari anak didik sendiri,” kata Dr LT Handoko, Kepala Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI sebagai Ketua Juri KJSA 2018.

“Hasil karya sains yang mereka hasilkan diharapkan menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi anak-anak di lingkungan mereka sendiri,” lanjut Handoko.

“Sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 2011, KJSA terus menunjukkan peningkatan jumlah karya sains yang mendaftar,” kata Medianto Henky Saputra, Ketua Panitia KJSA 2018.

“Tahun ini terkumpul 1.306 karya sains dari 383 sekolah dan klub sains dari 26 provinsi di Indonesia. Ada kenaikan 10 persen untuk karya dibanding 2017,” lanjut Medianto.

Selama di Jakarta, para finalis melakukan serangkaian acara yang edukatif dan menyenangkan. Diantaranya berkunjung ke Pusat Peraga Iptek di TMII, bertemu dengan Sri Mulyani Menteri Keuangan dan melihat secara langsung proses pembuatan obat dari awal sampai akhir disalah satu pabrik Kalbe Grup.

10 Pemenang Terunggul KJSA 2018 adalah:

1. Alya Kusuma Nurjannah, SDN Mangkubumen Lor 15 Surakarta – TBD: Tooth Brush Dry,
2. Anak Agung Istri Yuri Pratista Savitri, SD Cipta Dharma Denpasar – KIBAS: Kurangi Beban Tas,
3. Dian Isma khairani, SDN 01 Sanggau – APPLE: Alat Pencuci Piring Portable,
4. Hanun Dzatirrajwa, SDIT Bina Amal Semarang – Multifeature Tooth Brush,
5. Matahari Terbit, SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang – Urine Smart Protector,
6. Muhammad Akbar, Syafana Islamic School Tangerang – Alat Pembersih Sepatu Otomatis Untuk Sekolah,
7. Muhammad Hazem Sapalas, MIN 16 Banjar – Box Pengingat Minum Obat,
8. Muhammad Zhafran Aqilla, SDIT At–Taqwa Surabaya – Galon Sakti,
9. Siti Nuraisyah Khadijatuljannah. SD Yuwati Bhakti Sukabumi – Pot Mandiri,
10. Zalfa Nuri Thifalya Fami, SD Islam Al Azhar 16 Cilacap – TATARLIN: Tas Pintar Lalu Lintas.

Satu Pemenang Favorit diraih Alya Kusuma Nurjannah dari SDN Mangkubumen Lor 15 Surakarta dengan karya TBD: Tooth Brush Dry. (sak)

Bagikan artikel ini