Pensiun Sukses, Pensiun Terencana

Pensiun Sukses, Pensiun Terencana

Usia bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk terus berkreatifitas dan produktif, hal inilah yang menjadi semangat tiada henti bagi peserta Golden Camp Jiwasraya Angkatan XVII tahun 2017.

Pelatihan Golden Camp Angkatan XVII tahun 2017 telah dilaksanakan di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta beberapa waktu lalu. Pelatihan ini diikuti oleh 22 karyawan Jiwasraya dengan mengusung tema “Pensiun Sukses, Pensiun Terencana”, dengan harapan peserta dapat menciptakan peluang bisnis baru sebelum memasuki usia pensiun.

Di dalam pelatihan ini, peserta dibekali 4 ilmu utama sebelum memasuki usia pensiun, yaitu : Financial Planning, Psikologi Mental, Kesehatan dan Kewirausahaan.

Pada hari pertama, peserta dibekali ilmu Psikologi Mental Dra Psi Ani WIjaya MM. Peserta dilatih mulai dari merubah sikap dan pola pikir hingga membentuk percaya diri dan berani untuk menghadapi masa depan, dengan mempunyai mental yang kuat peserta dapat menghadapi masa pensiun yang indah.

Berlanjut disiang hari, peserta terus menunjukkan antusiasnya menerima pembelajaran. Peserta mendapatkan konsep perencanaan keuangan yang baik dalam mempersiapkan masa pensiun. Materi ini dibawakan Eko Agus Prasetyo Endarto SE MM CFP RFA dengan penuh energi positif sehingga tidak sedikit peserta yang bertanya dan menggali informasi terkait perencanaan keuangan yang tepat bagi mereka.

Dengan usia yang sudah bertambah, kesehatan menjadi perhatian utama kita semua terutama para peserta golden camp ini. Berlanjut di hari kedua, peserta mendapat medical check secara gratis dan mendapat konsultasi langsung Bersama dr Tonka Wisabayu Kelana MKK CH CHt. “Sehat diusia lanjut” inilah yang ditekankan dalam pembelajaran di hari kedua dengan fokus utama kesehatan, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pelatihan terus berlanjut dengan pembekalan Kewirausahaan bagi peserta. Materi ini mendapat perhatian khusus bagi peserta karena disini titik penting dalam menentukan langkah mereka setelah alih profesi.

Materi yang dibawakan Ir Budi Suprayogo cukup menarik perhatian dan antusias peserta, belajar bagaimana memulai usaha yang sukses dengan perencanaan dan kemampuan memetakan hingga membuka pasar bagi industri mikro di Indonesia.

Pada hari keempat, para peserta diajak untuk bertemu langsung pebisnis yang mulai berhasil dalam karir mereka seperti ; Rumah Rajut, Pia Deva, Dejejamuran, serta Shabila Farm.

Di sini, para peserta bertemu langsung dengan pelaku bisnis dan mendapat kesempatan untuk mengetahui kesuksesan mereka dalam membangun bisnis. Tentunya, kesuksesan mereka bukan berasal dari satu kegagalan, melainkan berkali kali hingga berhasil membuka pintu kesuksesan.

Pelatihan ini memang dirancang tidak cukup padat, mengingat pembelajaran yang sesungguhnya adalah diimplementasikan setelah balik dari pelatihan ini. Dalam membagi keceriaan Bersama peserta, di hari keempat peserta diajak berwisata keliling Jogjakarta seperti Borobudur, Rumah Hobbit dan menikmati kuliner di Oma Dhuwur.

Keceriaan tidak cukup sampai disitu, berlanjut pada malam hari menikmati acara Golden Memories dengan hidangan sate-satean dan music organ tunggal. “Malam itu sangat memanjakan kita semua, selain dari materi pelatihan yang telah kami terima kemarin” ujar Istikomah, salah satu peserta.

Pelatihan ditutup dengan penyerahan plakat dari Team IPDC ke Divisi SDM sekaligus penyerahan Sertifikat kepada seluruh peserta Golden Camp Angkatan XVII tahun 2017.

Kita semua tidak ada yang tahu kapan harus memulai merencanakan masa pensiun yang indah, tapi kita bisa menentukan apa yang dapat kita perbuat dan lakukan demi kesuksesan kita dimasa pensiun. (sak)

Bagikan artikel ini