Pentingnya Festival Kesenian yang Rutin

Pentingnya Festival Kesenian yang Rutin

Kegiatan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) bertujuan mendorong pengembangan dan promosi seni budaya dan pariwisata di Jawa Timur.

Setiap tahun selalu diadakan secara bergantian di delapan Kabupaten wilayah pesisir/kawasan selatan. Untuk 2018, pelaksanaan FKKS diselenggarakan di Kabupaten Lumajang.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekdaprov Jatim Dr H Akhmad Sukardi MM mewakili Gubernur Jatim, pada acara pembukaan Festival Kesesnian Kawasan Selatan di Alun-Alun Kab Lumajang, Sabtu (10/2) malam.

“Saya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan festival kesenian kawasan selatan tahun 2018 di Kab. Lumajang ini. Karena kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara Pemprov Jatim dengan Pemkab/Pemkota dalam rangka mendorong pengembangan budaya dan pariwisata di Jawa Timur,” tegas Gubernur Jatim dalam sambutan yang dibaca Sukardi.

Gubernur Jatim berharap agar pelaksanaan FKKS ini bisa dan dapat lebih memperkuat komitmen dalam mengawal dan melestarikan serta mengembangkan seni budaya bangsa.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Dr H Jarianto Msi mengatakan FKKS tahun 2018 ini merupakan pelaksanaan yang ke 14, karena FKKS ini pertamakalinya diadakan tahun 2004 yang lalu.

Dan FKKS ini selalu diadakan di delapan wilayah Kawasan Selatan secara bergantian yakni Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan terakhir adalah Kabupaten Banyuwangi.

Delayan wilayah kawasan selatan ini semuanya adalah masuk dalam wilayah Kabupaten tidak ada yang Kotamadya. Untuk itu, dalam pelaksanaan kali ini mengusung tema ”Ekspresdi Budaya Gunung”.

Sebab, kedelapan wilayah kawasan selatan ini terdiri dari perbukitan dan gunung-gunung serta pantai atau pesisisr laut selatan.

Kalau tahun 2018 ini, FKKS diselenggarakan di Kab Lumajang 10–11 Pebruari 2018, selain pertunjukkan seni budaya FKKS ini juga diramaikan dengan stand-stand basar yang menggelar potensi unggulan dari masing-masing Kabupaten.

Untuk tahun depan FKKS akan diselenggarakan di Kabuapten Malang dengan peserta yang sama yakni delapan Kabupaten wilayah selatan. (ita)

Bagikan artikel ini