Persiapan Sail Karimata 2016 Hampir Tuntas

Persiapan Sail Karimata 2016 Hampir Tuntas

Persiapan Sail Karimata 2016 pada 12-15 Oktober 2016 sudah mencapai 95 persen. Setiap lininya menunjukkan progres yang baik dan tinggal persiapan final. Demikian ditegaskan Deputi Bidang SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Kemenko Bidang Sumberdaya dan Kemaritiman, Syafri Burhanuddin, di Jakarta, Senin (3/10).

”Rapat Koordinasi bersama Pangdam Kalimantan Barat, Kapolda Kalimantan Barat, Bupati Kayong, Dispar Kalimantan Barat, Wakil dari kementerian terkait, Protokol Presiden, dan perwakilan DEKIN telah membahas tentang kesiapan masing-masing unit,” tuturnya.

Persiapan yang dilaporkan terkait podium pelataran untuk acara puncak, akses jalan ke lokasi acara dari Ketapang, renovasi taman di sekitar tempat acara, jalan poros baru Kabupaten Sukadana, dan fasilitas kebersihan.

”Rencananya, Presiden Joko Widodo akan hadir saat puncak. Acara dimulai pada pukul 10 WIB,” kata Syafri.

Dijelaskan Syafri, rangkaian acara Sail Karimata 2016 terdiri dari peluncuran prangko Sail Karimata 2016 yang bekerja sama dengan Kominfo.

Lomba Kain Tenun Kalimantan Barat bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian. Penanaman Tanaman Langka bekerja sama dengan Kementerian PDT.

Peresmian Mesjid Agung Sukadana, Demo TNI, Tarian 4 Budaya Etnis, dan Parade Perahu Tradisional dan Yacht. ”Setelah upacara puncak oleh Presiden Joko Widodo, akan ada parade 1.000 perahu tradisional dan 36 Yacht,” ucap Syafri.

Peserta yang sudah terdata adalah 3.000 orang di luar masyarakat yang nanti akan datang saat acara berlangsung. Sebanyak 500 di antaranya adalah peserta dari pemerintah pusat, dan sisanya dari provinsi dan kabupaten/kota.

”Karena kurangnya akomodasi untuk menginap di Sukadana, kita akan pecah tempat menginap menjadi dua, yaitu di Sukadana dan Ketapang. Jaraknya lebih kurang 80 km dari lokasi acara. Itu juga yang menjadi alasan, kita mulai acara jam 10,” ungkap Syafri menutup wawancara. (sak)

Bagikan artikel ini