Piala Indonesia, Persela-Persebaya Satu Grup

Piala Indonesia, Persela-Persebaya Satu Grup

Drawing Piala Indonesia 2018 telah dilakukan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pekan lalu. Laskar Jaka Tingkir Lamongan tergabung ke dalam Zona 11 bersama Persebaya Surabaya.

Total ada 127 tim yang akan bertanding di Piala Indonesia 2018 dengan tajuk Everyone Can Play, diantaranya 18 tim Liga 1, 24 tim Liga 2 dan 85 tim Liga 3.

PSSI sebagai induk organisasi membaginya ke dalam 16 Zona diisi 7 sampai 8 tim, sesuai letak geografis masing-masing klub. Persela sendiri berada di Zona 11 bersama Persebaya Surabaya, Mojokerto Putra, Persid Jember, Persik Kediri, Persekabpas Pasuruan, Blitar Putra dan PSBI Blitar.

Hasil undian, Persik Kediri yang merupakan kontestan Liga 3 akan berhadapan dengan Persela. Persik Kediri akan bertindak sebagai tumah, karena sesuai aturan tim yang berasal dari kasta lebih rendah, mendapatkan keuntungan menjadi tuan rumah ketika bertemu dengan tim di kasta lebih tinggi.

Akan tetapi ada beberapa catatan terkait stadion harus memenuhi syarat. “Tentu ini menjadi berkah dan sensasi tersendiri. Ini warna baru di Piala Indonesia 2018,” ujar Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono yang juga menjabat sebagai wakil presiden AFF, dikutip Jatim Newsroom.

Piala Indonesia 2018 akan menggunakan 7 babak, yakni babak 128 besar (single match), 64 besar (singel match), 32 besar (home & away), 16 besar (home & away), perempat final (home & away), semifinal (home & away) dan final (home & away). Total ada 158 pertandingan selama Mei – Desember 2018.

“Babak 128 besar diproyeksikan berlangsung hingga awal Agustus. Babak 128 dan 64 besar menggunakan sistem laga tunggal. Kemudian babak 32 besar dan seterusnya, menggunakan sistem gugur kandang-tandang,” Pungkasnya. (jnr)

Bagikan artikel ini