Plaza Bawah Tanah di Surabaya

Plaza Bawah Tanah di Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya menargetkan pembangunan plaza atau mal bawah tanah di kawasan Balai Pemuda yang tembus ke Jalan Yos Sudarso sisi timur akan selesai tahun 2020.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, plaza bawah tanah tersebut akan dibangun dua lantai ke bawah. Di lantai satu bakal dijadikan pasar modern yang nantinya juga akan menjadi UKM center dan pusat oleh-oleh Surabaya.

“Sedangkan di lantai dua akan dijadikan tempat parkir yang bisa menampung sekitar 150 kendaraan roda empat,” jelasnya dalam rilis, akhir pekan.

Pembangunan plaza ini sudah mulai dari sisi Balai Pemuda dan tahun ini selesai di bagian Balai Pemuda. Selanjutnya, tahun depan akan dikerjakan di sisi timur Jalan Yos Sudarso. “Kami targetkan pembangunan total selesai pada 2020,” imbuhnya.

Menurut Risma plaza tersebut bukan hanya sekedar pasar, tapi juga akan menjadi tempat berkumpul warga Surabaya karena akan ada tempat untuk pertunjukan dan hiburan pentas seni misalnya wayang orang, ludruk dan sebagainya.”Di seberangnya juga akan ada pentas pantomim dan nonton film,” imbuhnya.

Plaza bawah tanah tersebut akan menghubungan Balai Pemuda dengan Jl. Yos Sudarso sisi timur sehingga pejalan kaki tidak perlu menyeberang di Jl Yos Sudarso. Pembangunan plaza bawah tanah ini juga untuk membuka poros Balai Kota, sehingga Surabaya punya destinasi wisata baru layaknya Korea Selatan. (ita)

Bagikan artikel ini