PLN Jatim Kenalkan Aplikasi Mobile
TEKNOLOGI

PLN Jatim Kenalkan Aplikasi Mobile

Banyak cara yang dilakukan untuk mempromosikan program atau sistem baru pelayanan. Seperti yang dilakukan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim yang membagikan token listrik gratis ke sejumlah pelanggan.

General Manager PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto di Surabaya Senin (11/9) mengatakan, pemberian token gratis sebesar Rp 20 ribu diperuntukkan bagi 100.000 pelanggan PLN pra bayar pertama yang upload aplikasi PLN Mobile.

“Minggu kemarin kami membuka stan untuk memperkenalkan berbagai produk unggulan salah satunya PLN Mobile saat car free day, alhamdulillh respons masyarakat sangat bagus,” tutur Dwi.

Dikatakan Dwi, dengan medowload aplikasiini, maka pelanggan bisa cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini, berita terkini mengenai PLN, nformasi pemeliharaan listrik; dan Telepon Contac Center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP). “Antusiasme pelanggan sangat tinggi pada acara tersebut, terlihat dari both PLN yang terlihat ramai,” ungkapnya.

Langkah jemput bola ini, menurut Dwi sebagai upaya PLN mensosialisasikan aplikasi baru sehingga masyarakat bisa semakin dimudahkan dalam mencari informasi seputar PLN. Teknis mendapatkan token gratis yakni, setelah aplikasi itu didownload, pelanggan diminta memasukan nomor telpon dan Id pelanggan.

Setelah itu akan langsung terhubung dengan PLN pusat, dan akan segera dihubungi oleh petugas. Selanjutnya pulsa ditoken akan terisi secara otomatis.”Nanti akan diproses melalui IT yang kita miliki dan pulsa akan masuk otomatis setelah dua hari proses dilakukan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, PLN Mobile adalah aplikasi berbasis Android yang diluncurkan untuk meningkatan kualitas dari sisi layanan dan penggunaan yang lebih user friendly. Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman.

Untuk diketahui, sejak dirilis pada 31 Oktober tahun lalu, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan dan saat ini sudah masuk ke versi 2.1. dimana terdapat fitur baru bagi pelanggan yang dapat menghubungi customer service officer Contact Center PLN 123 tanpa melalui telpon rumah dan operator selular, namun dengan menggunalan Voice over Internet Protocol. (ist)