PLN Jatim Sumbang 5.250 Bibit Pohon

PLN Jatim Sumbang 5.250 Bibit Pohon

Dalam rangka mendukung gerakan pelestarian alam, PT PLN Distribusi Jatim menyumba 5.250 bibit pohon jenis pelindung (pagoda, trembesi, pule, tabe puya dll) dan dari jenis pohon perdu senilai Rp 62.500.000 kepada Pemerintah Kota Surabaya.

General Manajer PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto usai penyerahan bibit pohon di Kebun bibit Wonorejo Surabaya, Senin (27/11) mengatakan, melalu program Corporate Social Responsibility (CSR), kali ini PLN fokus pada penghijauan kawasan hutan kota. “Pohon-pohon ini untuk mengganti tanaman tanaman yang rusak, di beberapa taman Kota Surabaya,” terang Dwi, seperti dikutip Kominfo Jatim.

Selain untuk teman kota, pohon-pohon ini lanjut Dwi, akan disebar di rayon PLN, Surabaya Barat, Utara, dan Selatan. Sedangkan untuk total keseluruhan di Jawa Timur, sebanyak 7.200 pohon.

Di beberapa kabupaten/kota ada yang tidak mau menerima selain pohon produktif, sehingga bisa dimanfaatkan buahnya oleh masyarakat. “Madiun minta pohon produktif, seperti Mangga dan tidak mau Cemara Udang,” ungkapnya.

Gerakan pelestarian alam kata Dwi, merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial PLN. Gerakan ini merupakan aksi nyata dalam upaya penyeimbangan lingkungan akibat operasional perusahaan dalam pemeliharaan jaringan.

“Untuk mempertahankan kehandalan jaringan listrik, PLN perlu merabas atau memangkas dahan-dahan pohon yg mendekati jaringan agar tidak menimbulkan sentuhan yg akan mengakibatkan gangguan pasokan ke masyarakat,” katanya.

Akibat pemeliharaan jaringan inilah, beberapa pohon mengalami kerusakan, sehingga PLN berinisiatif untuk mengganti. Gerakan pelestarian alam melalui tanam pohon ini secara intense sudah PLN lakukan. Pada tahun 2016 sejumlah 7100 pohon dari jenis pohon perdu telah kami salurkan untk mendukung gerakan ini khusus untk wilayah Kota Surabaya dengan total nilai bantuan Rp 50 juta.

Tahun 2017 ini gerakan merambah ke seluruh Jatim yang dilakukan dimasing-masing area pelayanan. Tersalurkan sejumlah 13 Area, dimana masing-masing menyalurkan 150 pohon jenis cemara udang dan pagoda. “Tahun ini total 7200 pohon untuk seluruh Jatim dengan nilai mencapai Rp 387.500.000. (ist)

Bagikan artikel ini