Primadona di Canton Fair, Raih 19 Juta USD

Primadona di Canton Fair, Raih 19 Juta USD

Indonesia berhasil memperoleh potential order senilai 19 juta USD selama Canton Fair, di Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Nilai itu diperoleh dari lima perusahaan elektronik dan building material Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Arlinda hari ini, Selasa (25/10). “Kami juga mencatat 80 persen order produk elektronik yang diperoleh Paviliun Indonesia,” katanya.

Disebutkan bahwa produk lain yang juga mendapat prospek order yang cukup tinggi yaitu pintu kayu dari PT Yooshin Indonesia, pelapis untuk produk berbahan dasar kayu dari Bio Industries, beragam jenis lampu PT Sinar Angkasa Rungkut, serta wood and coconut flooring and panel dari Golden Coco.

Produk elektronik Polytron menjadi primadona di Paviliun Indonesia. Untuk produk televisi dan home theater, sudah terjadi kesepakatan pembelian. Produk lain yang direspon positif oleh buyer yaitu pintu kayu dari PT Yooshin Indonesia.

Beberapa buyer yang datang menilai kayu yang menjadi dasar pintu tersebut mempunyai kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan kompetitornya seperti RRT, Malaysia, dan Korea.

Beberapa buyer juga tertarik berkunjung ke pabrik Polytron dan PT Yooshin Indonesia di Cikarang dan Banten. “Produk elektronik dan building material Indonesia terbukti berhasil menarik minat buyer mancanegara,” ungkap Arlinda.

Paviliun Indonesia dikunjungi sekitar 1.000-an pengunjung bisnis. Mayoritas berasal dari Amerika Selatan (Brasil, Chili, Kosta Rika, Argentina), Timur Tengah (Saudi Arabia, Uni Emirat Arab), Afrika (Mesir, Aljazair, Togo), Asia (India, RRT, Bangladesh, Srilanka, Brunei, Singapura, Malaysia, Kamboja), Eropa (Turki, Ceko, Bulgaria, Bosnia, Polandia, Spanyol), dan Amerika Serikat.

Paviliun Indonesia mengambil tema ‘Trade with Remarkable Indonesia’ di International Pavilion Hall 9.3 Area B. Di hall yang sama, juga terdapat paviliun Maspion, PT Selatan Jadi Jaya (automotive battery), dan PT Supreme Belting Perkasa (sabuk otomotif merek Maxbelt).

Sementara itu, Direktur PT Yooshin Indonesia Ernest Tanzil menyatakan bangga atas hasil di pameran Canton Fair yang digelar 15-19 Oktober 2016 di Guangzhou ini.

“Melalui partisipasi dalam Canton Fair 2016, kami dapat membuka peluang pasar serta memperkenalkan building material Indonesia ke dunia,” ujar Ernest.

Ia menambahkan, PT Yooshin Indonesia banyak memperoleh buyer potensial dari buyer khusus untuk pintu dari mancanegara, seperti Korea, Pakistan, Turki, Iran, dan India.

Canton Fair telah menjadi pameran sourcing produk bagi buyer internasional. Pengunjung bisnis yang datang umumnya tidak hanya berasal dari RRT, tapi juga mancanegara.

Pameran ini juga dijadikan ajang mencari mitra bagi beberapa perusahaan, serta sarana memperkenalkan dan membuka peluang pasar produk Indonesia di mata buyer internasional. (sak)

Bagikan artikel ini