Promo Kuliner Nusantara di Amerika

Promo Kuliner Nusantara di Amerika

Perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri gencar mempromosikan produk Indonesia. Giliran Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago, Amerika mempromosikan produk kuliner natural dan organik Indonesia di National Restaurant Association (NRA) Show di McCormick Place, Chicago, AS.

NRA adalah asosiasi restoran terbesar di AS. “Kami ingin banyak restoran Indonesia tumbuh di Amerika. Semakin banyak restoran Indonesia, makin mudah mempromosikan produk-produk kuliner Nusantara,” jelas Kepala ITPC Chicago Wijayanto.

Menurut Wijayanto, jika ingin memperkenalkan produk makanan dan minuman ataupun produk peralatan masak di Amerika, salah satu cara terbaik adalah melalui restoran. Berkaca dari Thailand, Jepang, dan Tiongkok, produk makanan dan minuman mereka terkenal karena banyaknya restoran dari tiga negara itu di Amerika.

“Industri kuliner di Amerika saat ini berkembang cukup pesat, dan banyak tumbuh restoran-restoran baru seiring dengan tumbuhnya kultur suka mencoba makanan baru di antara masyarakat Amerika,” lanjut Wijayanto.

Indonesia menghadirkan produk turunan kelapa, seperti santan, air kelapa, gula kelapa organik, keripik kelapa, dan minyak kelapa. Selain itu, Indonesia juga menyajikan teh organik, bumbu-bumbu natural, dan sambal spesial yang dibuat khusus oleh restoran Indonesia yang ada di Chicago, Rickshaw Republic.

Perusahaan Indonesia yang ikut serta pada pameran ini antara lain Javara, Tehku, Kara, Glopac dan Firna Glassware. Produk yang cukup menarik perhatian buyers adalah produk kelapa. Wijayanto mengungkapkan ada beberapa permintaan terkait produk kelapa seperti gula kelapa dan santan.

Selain itu, untuk menarik pengunjung, Paviliun Indonesia mengadakan demo masak yang dilakukan chef muda Indonesia dari Rickshaw Republic, Hans Christian. Menu yang disajikan adalah mie natural dari perusahaan Javara yang dimasak dengan Sambal Oma dari Rickshaw Republic. Untuk makanan penutup, Chef Hans membuat kolak atau banana foster yang dibuat dari santan Kara dan keripik kelapa dari Javara. (sak)

Bagikan artikel ini