Promosi Kopi Indonesia di Prancis

Promosi Kopi Indonesia di Prancis

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan KBRI Paris dan Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), menyelenggarakan forum bisnis dalam rangka promosi kopi Indonesia di Pavilion Dauphine yang bertempat di 2 Place du Maréchal de Lattre de Tassigny, 75116 Paris, Prancis.

Bekraf melalui Direktorat Pengembangan Pasar Luar Negeri memfasilitasi para pemilik brand kopi lokal untuk melakukan serangkaian pertemuan bisnis dengan para pemangku kepentingan di Prancis, mereka adalah: Kopi Spectrum, Javanero, dan House of Coffee Barista ID.

Diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Prancis, Letjen TNI (Purn) Hotmangaradja MP Pandjaitan, kegiatan diawali dengan prosesi penandatanganan MoU antara AKSI dengan suplier kopi asal Prancis RASBORA terkait penjualan green beans dan roasted beans lokal ke Prancis.

Selain itu, para undangan juga berkesempatan untuk mengikuti proses cupping dan mencicipi kopi dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua.

Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri, Boni Pudjianto menyampaikan bahwa promosi kopi di Prancis merupakan kelanjutan roadshow promosi kopi lokal di Amerika dan Kanada yang telah diselenggarakan pada bulan April 2018 lalu.

“Fokus Bekraf adalah mempromosikan kopi sebagai sebuah brand ataupun sebagai sebuah konsep bisnis kedai kopi, bukan kopi sebagai komoditi, dan diharapkan acara ini memperbesar kesempatan pelaku bisnis kopi lokal dalam melakukan penetrasi ke pasar Eropa”, ujarnya. (sak)

Bagikan artikel ini