PSHT Dukung Bela Negara Berbasis Budaya

PSHT Dukung Bela Negara Berbasis Budaya

Delegasi DPP Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dipimpin Ketua Umum, Dr Muhammad Taufik, mengunjungi Menteri Pertahanan RI di Kantor Merdeka Barat, pada hari Senin (27/2). Tujuan kunjungan adalah menyampaikan usulan strategy penyebaran pencak silat di luar negeri dan penyampaian dukungan terhadap Program Bela Negara Kemenhan.

PSHT mengusulkan agar penempatan atase militer dan polri oleh Menhan dan Panglima sekaligus disertai penugasan untuk mendirikan cabang pencak sehingga secara bertahap bisa mencapai syarat 70 negara untuk didaftarkan jadi cabang OR yg dipertandingkan di Olimpiade.

“Ini untuk memenuhi panggilan p Presiden saat menutup kejuaraan dunia pencak silat yg masih diikuti 41 negara,” tegas Muhammad Taufik.

Di saat yang sama, Ketua PSHT juga menyatakan keinginan untuk menyertakan 3 jt anggota PSHT untuk mendukung Program Bela Negara dari Kemenhan.

Terkait hal ini, Menhan menyambut positif, “Wah, PSHT akan menjadi ormas bela diri yang pertama yang akan bergabung. Kita segera atur MoU segera. Tolong nanti pertunjukan pencak dulu sebelum MOU ya.”

Anggota DPR RI dari GFraksi PDI Perjuangan Eva Sundari yang juga menyertai delegasi PSHT menegaskan bahwa Bela Negara harus pula disertai perspektif budaya nasional sebagai manifestasi ideologi Pancasila. “Ini sesuai tantangan keamanan dan pertahanan berupa perang proksi via perdagangan narkoba, serangan radikalisme, maupun trafiking manusia,” tegas Eva Sundari. (sak)

Bagikan artikel ini