Rektor ITS Sambut Juara Specktronics

Rektor ITS Sambut Juara Specktronics

Kehebohan mewarnai Bandara Internasional Juanda pagi hari ini, Jumat (3/11). Pasalnya, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya beserta beberapa petinggi ITS menyambut kepulangan tim kebanggaan Spektronics, termasuk dari Ikatan Alumni ITS yang diwakili Yoke C Katon (Komisaris PT Petrokimia Gresik).

Tim ini baru saja berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia sebagai jawara pertama di ajang American Institute of Chemical Engineers (AIChE) Chem-E-Car Competiion 2017 di Minneapolis, Amerika Serikat.

Setelah 16 hari berada di negara Paman Sam, akhirnya tim Spektronics berhasil membawa kemenangan. Tim ini berhasil menyabet dua juara sekaligus. Yakni sebagai juara pertama untuk kategori Race Competition (Kompetisi Utama) dan Best Video Competition.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Juanda sekitar pukul 06.15, tim langsung disambut dengan pengalungan bunga oleh Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD.

Tampak turut menyambut antara lain Kepala Departemen Teknik Kimia, Sekretaris Departemen Teknik Kimia, ketua alumni Teknik Kimia ITS dan tim Spektronics lainnya yang tidak ikut berangkat lomba.

“Kami dari tim Spektronics yang tidak ikut lomba sudah berangkat subuh-subuh dari kampus ITS untuk siap menyambut mereka di Terminal 1 (Bandara Juanda, red) ini,” ucap Regia, salah satu anggota tim Spektronics ITS.

Mereka pun sudah siap membawa spanduk dan mengalungkan bunga juga pada teman-teman timnya yang sudah bertanding dengan baik. Kemenangan dari tim Spektronics kali ini merupakan kemenangan kali pertama di benua Amerika dan kemenangan terbesar sepanjang sejarah Spektronics.

Suasana gembira tidak dapat dibendung saat kedatangan tim yang beranggotakan lima orang mahasiswa dan seorang dosen pembina dari Departemen Kimia Hamzah Fansuri PhD tersebut. Semua pihak yang hadir dalam menyambut tim semuanya bergantian mengucapkan selamat pada anggota tim.

Joni mengungkapkan rasa bangganya terhadap tim Spektronics ITS yang telah menggaungkan nama harum ITS dan bangsa Indonesia di negara Amerika Serikat. “Saya sangat bangga dan benar-benar mengapresiasi upaya anak-anak ITS yang tidak pernah letih mengharumkan nama baik almamater dan juga bangsa Indonesia ini,” tutur Joni dengan wajah sumringah.

Kemenangan ini, lanjut Joni, merupakan kado terbaik dari tim Spektronics pada ITS. “Kemenangan ini menjadi salah satu kado yang terbaik yang dipersembahkan mahasiswa ITS pada Dies Natalis ITS yang ke-57 tahun ini. Ini juga merupakan persembahan ITS bagi bangsa Indonesia,” ujar Joni yang disambut tepukan para hadirin yang turut menyambut.

Lewat kemenangan ini, menurut Joni, semakin terbukti bahwa kemampuan ITS sudah setara dengan perguruan tinggi internasional lainnya. “Saya berharap baik tim Spektronics dan mahasiswa ITS lainnya semakin berkontribusi dalam mengharumkan nama almamater dan bangsa Indonesia ke depannya,” pungkasnya. (ita)

Bagikan artikel ini