Rhenald Khasali Masuk Daftar Terbaik Dunia

Rhenald Khasali Masuk Daftar Terbaik Dunia

Guru Besar Bidang Manajemen Universitas Indonesia (UI), Profesor Rhenald Khasali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu profesional bidang manajemen terbaik di dunia versi GlobalGurus.

Dalam pemeringkatan World’s Top 30 Management Professionals for 2018 ini, Rhenald menempati posisi 22 dari 30 daftar tokoh profesional manajemen yang tercantum.

Pada tahun sebelumnya, dalam pemeringkatan yang sama, Rhenald berhasil menduduki posisi 30 dan menjadi satu-satunya tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar.

Rhenald seperti dirilis Humas UI, mendapatkan penghargaan ini karena dianggap telah memberikan pengaruh positif bagi dunia melalui pemikirannya yang tertuang dalam buku-bukunya yang menjadi Best Seller, seperti “Disruption”, “Change Your DNA”, “Recode” dan lain-lain.

GlobalGurus adalah asosiasi riset independen yang mengeluarkan data peringkat orang-orang yang dianggap memberikan dampak positif bagi dunia setiap tahunnya.

Berbeda dengan pemeringkatan lainnya, GlobalGurus tidak mengkomersialkan daftar pemeringkatannya. Metode yang digunakan dalam pemeringkatan ini adalah metode pemungutan suara (voting).

Terdapat tujuh parameter yang dipakai oleh GlobalGurus yaitu opini publik (30%), orisinalitas ide (30%), dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (10%), kegunaan ide (10%), jumlah publikasi dan karya ilmiah (5%), serta gaya presentasi & “The Guru Factor” (15%).

Sebelum dapat dicalonkan, calon tokoh akan melalui penilaian oleh tim GlobalGurus dalam hal pemikiran dan rekam jejak. Hal yang ditekankan pada proses ini adalah nilai keunikan setiap tokoh.

Setelah itu, tokoh ini akan melalui proses voting yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Proses seleksi dan voting dilakukan dengan metode yang terstruktur dan ilmiah agar hasil pemeringkatan dapat lebih akurat dan representatif.

World’s Top 30 Management Professionals adalah daftar yang berisi para pembicara profesional, pelatih, dan konsultan profesional paling top di wilayah dan bidangnya masing-masing. Para tokoh tersebut adalah mereka yang mendapatkan lebih dari 500 suara dalam proses voting. (sak)

Bagikan artikel ini