Saat Satgas Pamtas RI-PNG Bantu Persalinan

Saat Satgas Pamtas RI-PNG Bantu Persalinan

Satu lagi prestasi dan dedikasi luar biasa diukir oleh personel Satgas Pamtas (Pengamanan Perbatasan) anrata Indoensia dan Papua Nugini (RI-PNG). Personel dari pasukan elit Kodam V Brawijaya, Yonif Raider 500/Sikatan itu berhasil membantu persalinan seorang warga di perbatasan.

Kejadian itu bermula, ketika Yosep Heben (27) bersama sang istri, Hermina Taik (23) mendatangi posko kesehatan yang sudah disediakan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan dengan kondisi hamil.

Tanpa pikir panjang, Yosep pun segera melaporkan kondisi istrinya yang hendak melahirkan tersebut ke pos kesehatan Satgas Pamtas.

“Saat itu, air ketuban istri saya, sudah pecah,” ungkap Heben ketika di temui di Pos Kotis Satgas Pamtas yang berada di Kampung Imko, Distrik Mindiptana, Papua melalui rilis seperti dikutip Jatim Newsroom, Selasa (8/5).

Alhasil, laporan Heben itupun langsung mendapat respon sigap dari para personel Satgas yang sudah bersiaga di pos kesehatan itu.

Sementara itu, Wakil Komandan Satgas (Wadan Satgas), Mayor Inf Sugeng Riyadi menuturkan, usai menerima laporan tersebut, dirinya langsung memerintahkan beberapa personelnya untuk segera memberikan pertolongan kepada ibu hamil tersebut.

“Berkat kesigapan personel, bayi berjenis kelamin perempuan itu, berhasil lahir dengan selamat,” jelas Sugeng.

Tak berhenti sampai disini saja. Menurut Mayor Inf Sugeng, pelayanan kesehatan kepada warga, akan terus dilakukan oleh para personelnya. “Kita berharap, tingkat kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG, akan terus mengalami peningkatan,” pintanya.

Dansatgas Pamtas RI-PNG, Letkol Inf Sidik Wiyono juga terus menginstruksikan seluruh personelnya untuk berada di garis depan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah perbatasan. (jnr)

Bagikan artikel ini