Pabrik CPO Sawit Sumbermas Rp 120 Miliar

Pabrik CPO Sawit Sumbermas Rp 120 Miliar

Perusahaan sawit di Pangkalan Bun Kalteng, PT Sawit Sumbermas Sarana tengah membangun pabrik kelapa sawit untuk memproduksi crude palm oil (CPO) senilai Rp 120 miliar.

Direktur Utama Sawit Sumbermas Rimbun Situmorang mengatakan dana pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) akan dialokasikan dari kas internal. Total belanja modal (capital expenditure/Capex) tahun ini mencapai Rp 500 miliar.

“Kami akan membangun satu pabrik kelapa sawit dengan kapasitas 60 ton per jam. Investasi sekitar Rp 115-120 miliar,” katanya usai paparan publik di Jkaarta, Rabu (25/5)

Dia menyebutkan, pembangunan PKS akan dilakukan di perkebunan kelapa sawit yang baru saja diakuisisi tahun lalu. Akhir tahun lalu, perseroan mengeksekusi pencaplokan dua perusahaan sawit dengan transaksi senilai 50 juta USD.

Masing-masing pembelian PT Mirza Pratama Putra senilai 15 juta USD dan PT Menteng Kencana Mas senilai 35 juta USD. Kedua perusahaan itu terletak di Kalimantan Tengah, tidak jauh dari perkebunan milik perseroan saat ini.

Pembangunan PKS diperkirakan akan rampung pada akhir 2017 mendatang atau sekitar 18-20 bulan. Akhir 2017, PKS perseroan akan berjumlah tujuh unit dengan kapasitas 435 ton per jam

PT Sawit Sumbermas Sarana didirikan 1995 dan mulai beroperasi secara komersial pada 2005. Sedangkan perkebunan dan PKS mereka berlokasi di Arut Selatan, Kotawaringin Barat, Kalteng.

Pemegang terbesar sahamnya adalah PT Citra Borneo Indah sebanyak 26,46 persen, milik putra daerah Abdul Rasyid, yang pernah menjadi anggota MPR dari Utusan Daerah periode 1992-1997. (sak)

Bagikan artikel ini