Semarak Pemilihan Duta Unair 2017

Semarak Pemilihan Duta Unair 2017

Suasana gedung Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C Unair pekan lalu terasa semarak. Pasalnya, sepuluh pasang Finalis Duta Universitas Airlangga yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi berprestasi, siap berlaga di atas panggung.

“Mahasiswa yang masuk menjadi Finalis Duta Unair tidak hanya memiliki penampilan yang menarik, tapi juga wawasan luas serta public speaking yang handal. Sebab, itu menjadi salah satu indikator penilaian,” ucap Tamara Meiliana Siswato yang merupakan Duta Unair 2016.

Tamara juga menambahkan, proses seleksi dari para Duta Unair hingga memasuki babak final, sangatlah kompetitif. Selain itu, pelaksanaan seleksi pada tahun ini diikuti oleh peserta dari beberapa fakultas. Kemudian, tambah Tamara, dipilih 10 pasang yang berhak maju ke babak final melalui penilaian yang sangat ketat.

“Penilainannya tidak hanya dilihat dari kecerdasan, namun etika juga penting dan kepribadian masing-masing finalis saat menjalani karantina,” ucap Tamara.

Saat malam pemilihan Duta Unair, selain bernyanyi bersama, para finalis juga wajib menjawab pertanyaan yang diajukan dewan juri. Hadir sebagai dewan juri pada laga malam itu, Reyza Fitri Aninda yang merupakan Raka-Raki Jawa Timur 2008, Edith Frederika dari Direktorat Kemahasiswaan Unair, Rinaldi Yoga Tamara Duta Unair Putra 2016, dan Tamara Meiliana Siswato Duta Unair Putri 2016.

Tidak hanya diramaikan penampilan Finalis Duta Unair, para pendukung pun siap memberi semangat dan bersorak-sorai dengan penuh totalitas. Setelah duta yang didukung selesai menjawab, para pendukung yang membawa poster, balon-balon merah muda, atau bahkan tulisan-tulisan penyemangat, sontak membuat semua berteriak nyaring serta bertepuk tangan.

Hujan tipis di luar gedung tidak menyurutkan semangat para mahasiswa yang ingin menonton kawan-kawannya beraksi. Tak ayal, venue acara terus hidup selama sekitar tiga jam kegiatan itu berlangsung sejak pukul 19.00 hingga 22.00.

Di akhir acara, diumumkan pemenang dan finalis yang terpilih menjadi Duta Unair 2017. Keluar sebagai juara 1 Duta Unair Putri datang dari Fakultas Psikologi atas nama Andrea Maria Agniwijaya dan juara 1 Duta Unair Putra datang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu Syafri Sasmito Sangito. Sementara, Wakil Duta Unair 1 ditempati oleh pasangan Adek Wahyu Nugroho dan Adella Virginia.

Selain itu, ada juga yang terpilih sebagai Duta Unair Favorit atas nama Issaura Vita Yulinda dari Fakultas Kedokteran Hewan. Sedangkan Duta Unair Persahabatan dinobatkan kepada Mirda Tri Aries Chandra dari Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua BEM KM Unair Anang Fajrul mengatakan, Duta Unair memiliki peran sebagai ujung tombak dalam mem-branding Unair ditingkat nasional bahkan dunia internasional.

“Membawa Unair menjadi 500 kampus kelas dunia salah satu peran Duta Unair. Duta terpilih semoga dapat memgoptimalkan perannya dan bisa mewujudkan tujuan Unair menjadi universitas kelas dunia,” ucap Anang. (ita)

Bagikan artikel ini