Sensasi Baru di Candi Borobudur

Sensasi Baru di Candi Borobudur

Libur Natal dan Tahun Baru 2018 Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) menargetkan wisatawan hingga 425.229 pengunjung terhitung mulai 22 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Target ini lebih besar dari tahun lalu yaitu sebesar 397.510 pengunjung.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata TWCB menambahkan fasilitas baru berupa wahana Bioskop 4D dan Photo Booth yang patut untuk dicoba. Pengunjung dapat mencoba fasilitas berupa photo booth yang berada di jalur masuk Candi Borobudur sembari menuju puncak Candi Borobudur.

Photo booth dengan tema Butterfly tersebut dapat menjadi spot foto yang bagus untuk wisatawan karena pada bagian belakang bisa menjadikan Candi Borobudur sebagai background foto.

Pada bioskop 4D pengunjung dapat menikmati berbagai genre film dengan durasi selama 7 menit/film yang bisa dinikmati dari anak kecil hingga dewasa. Penambahan fasilitas tersebut bertujuan untuk menambah kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

Selain dapat menikmati fasilitas baru tersebut pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang lain seperti VW Village Tour, Andong Village Tour, Jemparingan, Kuda Tunggang, Kereta Wisata (Kujon), Sepeda Tundem, Golf Car, Terapi Ikan, Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa.

Persiapan yang dilakukan oleh TWCB selain penambahan fasilitas yaitu dengan penambahan jumlah loket pembayaran, petugas, area parkir, uji mobil penyapu sampah dan hiburan kepada pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur. Penambahan loket pembayaran yang semula berjumlah 9 loket bertambah menjadi 10 loket pembayaran.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi antrian pengunjung yang terlalu panjang pada musim liburan akhir tahun 2017. Selain itu juga akan menambah petugas pada titik-titik tertentu seperti pada tempat penitipan barang, loket pembayaran, dan petugas pelayanan kesehatan.

TWCB juga menyajikan berbagai hiburan berkolaborasi dengan masyarakat dan Komunitas Seni Borobudur guna menyambut para wisatawan. Hiburan yang dipersiapkan yaitu beberapa atraksi seperti Pentas Kesenian Rakyat, Kidung Karmawibangga, Pagelaran Wayang Kulit, Pentas Coke’an, Gending Rohani, Opera Van Borobudur, Orkes Keroncong, dan Kirab Gajah Tamu Perdana.

Hiburan yang diberikan tidak hanya pada satu hari saja akan tetapi mulai 25 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 pada jam 09.00 – 15.00 WIB. Wahana dan atraksi tambahan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk memecah arus kunjungan, sehingga wisatawan tidak menumpuk di atas candi. Karena dalam melakukan pengelolaan wisata, TWCB juga mengedepankan aspek-aspek pelestarian Candi Borobudur. (sak)

Bagikan artikel ini