Seru! Ada Raditya Dika di Voting Atlet

Seru! Ada Raditya Dika di Voting Atlet

Guys, Asian Games sudah sangat dekat. Saatnya kita sama-sama gaungkan keseruannya. Yang terdekat, ada voting atlet favorit dan lomba video #PesonaAsianGames2018. Juri utamanya Raditya Dika.

Menteri Pariwisata Arief Yahya me-launching voting atlet favorit dan lomba video #PesonaAsianGames2018, Jumat (6/7) pagi. Lokasinya di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata. Jika tidak ada aral melintang, Raditya Dika juga akan menghadiri launching. “Iya, nanti saya datang,” tutur Raditya Dika, Kamis (5/7).

Seleb yang memiliki 9,7 juta follower di instagram ini, mengaku tertarik terlibat dalam kegiatan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Dia mengaku ingin membantu menyukseskan Asian Games 2018.

“Ini kan acara yang tidak datang tiap tahun. Jadi merupakan rasa kebanggaan bisa turut membantu menyukseskan Asian Games 2018,” ujar Raditya Dika.

Dalam lomba ini, Raditya Dika bakal menjadi juri utama lomba. Selain dia, ada juga yang menjadi influencer lainnya. Seperti Mala Barbie, Radit Surbakti, Edhozell, Anindya K Putri, Ramon Y Tungka, Meizal Rossi dan lainnya.

“Sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia mendukung atlet kita yang akan berlaga. Selain itu, ini harus sukses karena nama bangsa menjadi harum di mata dunia,” kata aktor, sutradara, sekaligus stand up comedian ini.

Raditya dan para influencer nanti bakal gencar turut memposting di akun medsosnya masing-masing. Selain soal Asian Games, pariwisata Indonesia juga bakal turut dipromosikan.

“Di sekitar venue Asian Games kan banyak sekali tempat-tempat wisata yang bagus. Baik itu di Palembang, Jakarta, Banten dan Jawa Barat,” tambahnya.

Dalam voting nanti, 100 nama atlet akan di-vote di Facebook (FB) hingga menghasilkan 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita. Atlet dengan jumlah followers terbanyak, menjadi nilai tambah. Kemudian 20 nominator atlet terfavorit Asian Games 2018 yang akan di-vote.

Update perolehan atlet dipublish setiap hari di Facebook/Genpi.co. Cara vote, klik link genpi.co/vote/asiangames, lalu klik foto 1 atlet pria dan 1 atlet wanita. Jangan lupa untuk like and share link.

Hadiah untuk 4 Atlet Terfavorit (2 atlet pria dan 2 atlet wanita) yaitu Paket Wisata Liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing 4 pemenang atlet terfavorit.

Untuk para voters akan disediakan uang tunai senilai Rp 500.000 untuk 50 voters pemenang undian. Saat proses voting berlangsung, juga akan ada kuis mingguan.

Pemenang (voters) diundi di akhir penghitungan. Selain itu, juga akan ada kuis mingguan dengan hadiah menarik juga. Semuanya total hadiah senilai Rp 25 juta.

Sedangkan untuk lomba video #PesonaAsianGames2018, syaratnya juga mudah. Buat video se-kreatif mungkin dengan tema Asian Games 2018 (komedi/drama/musikal/dll).

Kemudian upload video ke Facebook dan Youtube dengan hastag #PesonaAsianGames2018 #PesonaVideoAG2018 #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #Genpi dengan durasi minimal 1 menit maksimal 3 menit.

Upload juga video teaser ke Instagram. Setiap peserta wajib follow akun IG @GenPI.co, @kemenpar, @pesonaid_travel. Lalu kirim hasil video ke email redaksi@genpi.co dengan subyek: “Lomba Video #PesonaAsianGames2018” dan cantumkan akun medsos peserta lomba.

Peserta boleh melombakan lebih dari satu video. Periode lomba tanggal 16 Juli – 2 September 2018. Dan ingat, video tidak boleh mengandung unsur politik, hoax dan SARA. Pemenang akan diumumkan pada 10 September 2018.

Selama periode lomba, kurator akan mendata, mengumpulkan, menilai dan mengeliminasi video yang dikirimkan.

Juri utama akan memilih 3 pemenang dari 10 video terbaik. Periode penjurian mulai 3-9 September 2018.

Jangan ragu soal hadiahnya. Dijamin bikin ikutan. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai Juara I Rp 50.000.000, Juara II Rp 30.000.000 dan Juara III Rp. 20.000.000. Dan Juara Favorit Rp. 10.000.000. Sementara total hadiah kuis Rp 25.000.000.

Tidak hanya itu, pemenang juga akan mendapatkan paket wisata liburan ke Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, voting atlet dan lomba video ini adalah sebagai wadah dukungan untuk para atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018. Sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Ini adalah cara kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan kepada atlet kita di Asian Games. Ini juga menjadi apresiasi kita terhadap perjuangan para atlet sekaligus bersama-sama mempromosikan wisata kita,” ujar Arief.

Menurutnya, momen Asian Games adalah saat yang tepat untuk menjual destinasi wisata. Saat ini, pihaknya telah menyiapkan 75 paket wisata untuk membidik 170 ribu wisatawan mancanegara (wisman) saat perhelatan ajang Asian Games 2018.

Sebanyak 75 paket wisata tersebut menawarkan tujuh destinasi utama, yaitu Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali.

“Asian Games 2018 menjadi kesempatan untuk menggenjot jumlah kunjungan wisman tahun ini. Melihat potensinya yang demikian besar, kami optimistis jumlah target wisman tahun ini tercapai,” ujar Menpar.

Berdasarkan data Inasgoc Department Ticketing, Asian Games 2018 akan diikuti 45 negara dengan 15 ribu atlet dan ofisial serta 5.000 media.

Perhelatan akbar itu juga akan melibatkan 30 ribu volunteer dan workforce serta ditonton oleh 5 miliar penonton dari seluruh penjuru dunia. Acara ini diperkirakan menghadirkan 150 ribu wisman.

Sementara itu, target wisman yang akan dihadirkan saat perhelatan Asian Games 2018 berjumlah total 170 ribu orang. Angka tersebut diurai dengan komposisi 10 ribu atlet, 5.000 ofisial, 5.000 media, dan 150 ribu penonton. (sak)

Bagikan artikel ini