Sinergi ‘Blow Up’ Event Sail Karimata

Sinergi ‘Blow Up’ Event Sail Karimata

Guna meningkatkan kesadaran dan ketertarikan masyarakat terhadap kegiatan Sail Karimata 2016, yang puncaknya akan digelar di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, pada 15 Oktober mendatang, Deputi Kemaritiman Sekretaris Kabinet (Seskab) Ratih Nurdiati mengimbau seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) untuk bersinergi memblow up kegiatan tersebut.

“Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada pembukaan Sail Tomini 2015 lalu, agar acara Sail berikutnya dipromosikan jauh-jauh hari di media-media, tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri,” kata Ratih, di ruang kerjanya lantai III Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (11/10) pagi.

Mengutip Keputusan Menko Bidang Kemaritiman, Ratih mengingatkan bahwa sasaran penyelenggaraan Sail adalah dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber-sumber daya kelautan dan pariwisata Indonesia guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

Karena itu, lanjut Ratih, sudah selayaknya jika masing-masing K/L bersinergi untuk memblow up kegiatan Sail Karimata 2016, dan untuk mengenalkan kegiatan Sail kepada masyarakat.

Menurut Deputi Kemaritiman Seskab itu, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah K/L untuk mendukung penyelenggaraan Sail Karimata 2016, melalui blow up berita khususnya di laman masing-masing K/L, termasuk di website www.setkab.go.id.

Ragam Kegiatan
Sail Karimata 2016 ini digelar di empat lokasi, yaitu Seminar Nasional di Jambi pada 25 Agustus, Acara Puncak di Kayong Utara, Kalbar pada 15 Oktober, Festival Belitung di Belitung pada 22 Oktober, dan Festival Bahari Kepri yang akan digelar di Kepri pada 29 Oktober mendatang.

Di masing-masing daerah yang menjadi tuan rumah, juga digelar sejumlag kegiatan. Di Kayong Utara misalnya diselenggarakan Lintas Remaja Nusantara dan Pemuda Maritim; Sailing Pass KRI, kapal pemerintah, kapal nelayan, serta demonstrasi prajurit TNI AL, dan Festival Tanaman Maskot dan Penanaman Tanaman Maskot.

Adapun di Belitung akan digelar Pentas Seni dan Budaya Daerah, Lomba Mancing Profesional dan Tradisional, Lomba Triathlon Internasional, Festival Olahraga Tradisional, Lomba Lari 10 K (Beach Run), Lomba Lukis Tema Bahari, Lomba Voli Pantai, Lomba Perahu Layar, dan Festival Laskar Pelangi.

Sementara di Kepri akan digelar Wonderful Indonesia Sailing 2016, Dragon Boat Race, Wonderful Kepri Expo, Parade Kapal Sungai Carang, Panggung Penyair, Sound from Motherland of Malay, Kepri Carnival dan Kepri Traditional and Modern Games.

Khusus untuk menyemarakkan penyelenggaraan Sail Karimata 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Kalstar akan menambah frekuensi penerbangan dari Bandara Sopadio (Pontianak) menuju Ketapang. (sak)

Bagikan artikel ini