Siti Badriah di Festival Crossborder Sanggau

Siti Badriah di Festival Crossborder Sanggau

Usaha Kemenpar menjaring wisatawan melalui festival cross border terus berlanjut. Kali ini Sanggau, Kalimantan-Barat akan menjadi tuan rumah event parade dan seni bertema “Sanggau Forward and Beyond”.

Digelar pada 2-4 April 2017, Artis dangdut Siti Badriah pun kembali dipercaya menggoyang insan pariwisata di perbatasan tersebut.

“Kami memilih artis dangdut Siti Badriah kembali sebagai Rising Star sesuai permintaan pasar di sana. Tahun lalu di Aruk, Sambas penampilan Siti Badriah paling ditunggu masyarakat Malaysia. Banyak yang mengidolakan artis tersebut,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Esthy Reko Astuti.

Esthy menjelaskan wisatawan Malaysia memang menjadi sasaran event ini. Tahun lalu dalam event yang diselengarakan dua hari di Aruk, Sambas, Kalbar berhasil mendatangkan 6.137 pelintas. Dalam event kali ini ditargetkan bisa mendatangkan 7.000 wisatawan dari Malaysia dan 3.000 wisatawan lokal.

Esthy melihat posisi Sanggau juga sangat strategi seperti Aruk, Sambas. Dari jalan trans Malindo hanya menempuh waktu 2 jam 46 menit untuk sampai di lokasi. Sebagai bentuk dukungan, Kemenpar juga telah memasang spanduk, flyer, spanduk, T-banner di sejumlah posisi posisi strategi di Sanggau, Border Entikong sampai ke Sarawak, Malaysia.

“Untuk flyer jumlahnya ada 2.000, 1.000 di Serawak dan kabupaten Sanggau. Baliho di border Entikong, Simpan Tayan, dan Simpang Tanjung. Selain itu spanduk-spaduk pun bertebaran di sepanjang jalan yang menghubungkan Kota Sanggau, Jalur Tayan- Tanjung, dan Jalur Tanjung – Entikong. Strategi promosi juga digencarkan dengan bekerja sama dengan Radio CATS FM Kuching, Sarawak,” beber Esthy.

Kata Esthy, dipilihnya artis Siti Badriah adalah pilihan yang tepat. Lewat beberapa single artis yang kerap dipanggil Sibad ini memang sedang naik daun. Single yang membuat nama Sibad melambung antara lain Bara Bere, Goyang Dumang, Terong Dicabein, Senandung cinta, Suamiku Kawin Lagi, Ku Tak Bisa (Slank), Brondong Tua.

Tidak hanya memiliki suara merdu dan goyangan yahut, artis kelahiran Bekasi, pada tanggal 21 Maret 1991 kerap membintangi sejumlah sinetron di stasiun televisi swasta. Film yang dibintangi adalah Senandung dan Harapan Cinta. Belakangan artis ini pun mendapat penghargaan dari MURI karena menjadi salah satu pengisi DanceDhut Nation 2016.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sanggau, F Meron mengatakan turut senang dengan keadiran festival ini terlebih festival ini juga menyambut hari jadi ke 401 Kota Sangau 2017.

Kehadiran Siti Badriah bisa mendongkrak pariwisata yang terbilang sepi peminat. “Nantinya, panggung yang bisa menampung 15 ribu penonton akan menyambut Siti Badriah di Jalan Komplek Sabang Merah. Artis yang dipuja-puja masyarakat Malaysia tersebut bakal tampil pukul 20.00 WITA selama kurang lebih 1,5 jam,” jelasnya.

Meron menjelaskan selain acara dangdut yang menjadi sajian utama, Festival ini juga bakal dimeriahkan oleh event-event lainnya. Diantaranya, Ritual Adat Melayu, Ritual Adat Dayak menurut Sub Suku Dayak Pangkodan, Ritual Adat Dayak menurut Sub Suku Daya Pompankg, Lomba Desaign Patung Daranante dan Babai Cinga, Pameran Pembangunan.

Juga ada Lomba Mancing Mania Invitasi Terompang Panjang, Invitasi Sumpit , Makan Berami, Lomba Sampan Ulung Uli, Invitasi Gala Hadang, Festival Olahraga Tradisional, Pagelaran seni Kolaboratif , Pagelaran Bapanok Ajan dan Masak Lemang, Launching Kampung Binua Istana sampai Napak Tilas ke tempat keramat dan makam raja-raja. (sak)

Bagikan artikel ini