SMI: Bersama Kita Jaga Aset Negara

SMI: Bersama Kita Jaga Aset Negara

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa dari total kekayaan negara Indonesia, sekitar 38% adalah Barang Milik Negara (BMN).

Manajemen BMN yang optimal akan membawa banyak manfaat bagi proses pembangunan dan berdampak positif pada kesejahteraan rakyat.

Hal ini disampaikan Menkeu pada saat memberikan kuliah umum mengenai “Strategi Optimalisasi Manajemen Barang Milik Negara Dalam Pengelolaan Kebijakan Fiskal” di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada Selasa (25/09).

Pada kesempatan ini, Menkeu menyampaikan bahwa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pengelolaan bmn selama 3 tahun terakhir mengalami peningkatan.

Namun demikian, PNBP dari pengelolaan BMN masih sangat kecil. Rata-rata PNBP dari pengelolaan BMN dalam 3 tahun terakhir sebesar Rp2,17 triliun atau 0,79%.

Pemerintah berkomitmen kuat mengelola BMN secara profesional dan optimal, dibuktikan dengan kinerja pengelolaan BMN yang makin membaik.

“Manajemen BMN adalah hal penting dalam pengelolaan kekayaan negara. Mari kita semua jaga aset negara untuk kita semua dan yang Anda wariskan ke generasi selanjutnya,” ungkap Menkeu. (sak)

Bagikan artikel ini