Soemantri, Atlet Andalan di AP Games

Soemantri, Atlet Andalan di AP Games

Menjadi penyandang disabilitas dengan kehilangan dua kakinya tidak membuat sosok Soemantri putus asa dalam menjalani hidup. Justru dengan kedua tangan yang dia miliki, sekarang Soemantri berhasil menjadi salah satu atlet andalan Indonesia di Asian Para Games 2018 Oktober mendatang

Somantri adalah atlet yang akan turun di nomor hand-bike. Dia mulai bertanding di Sirkuit Internasional Sentul pada 8-9 Oktober 2018.

“Saya sudah siap untuk bermain di Asian Para Games 2018 nanti, apalagi kita bermain sebagai tuan rumah didepan pendukung sendiri. Saya yakin bisa memberikan yang terbaik,” katanya ketika usai menjalani latihan di Velodrome, Komplek Mahanan, Solo waktu lalu.

Sepeda yang akan digunakan di nomor hand-bike nanti memang memiliki perbedaan dengan sepeda umumnya. Sepeda itu dikayuh menggunakan kedua tangannya dan ia memodifikasinya sendiri agar bisa berjalan sempurna sesuai dengan apa yang dia inginkan.

“Memang tak mudah dan pastinya lelah mengayuh dengan tangan dan harus menempuh jarak hingga ratusan kilometer,” katanya.

Sebelum bergabung dengan pelatnas balap sepeda, Somantri dulunya adalah atlet balap kursi roda. Namun ia kemudian beralih haluan karena kegiatan bersepeda, lebih sesuai dengan hobinya yang memang suka berpergian dan melihat-lihat pemandangan alam.

“Kalau di (pelatnas) balap sepeda asik. Ke Prambanan, ke Boyolali, Tawangmangu lewat jalur atas jadi berbeda tempat. Capek juga terobati oleh pemandangan yang indah,” ujar pria asal Bandung. (ist)

Bagikan artikel ini