Stasiun Pengisian Listrik Umum di UI

Stasiun Pengisian Listrik Umum di UI

Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Depok memberikan bantuan 2 (dua) unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Area Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) di Kampus Depok Jawa Barat.

Pemberian bantuan instalasi SPLU secara simbolik beberapa waktu lalu diserahkan Manajer PLN Area Depok Putu Eka Astawa kepada perwakilan peneliti RCAVe FTUI Chairul Hudaya PhD.

Dua unit SPLU tersebut akan dipasang di dua tempat yang berbeda, yaitu di samping Gedung Dekanat FTUI dan direncanakan akan dipasang di dekat tempat parkir bus listrik FTUI.

FTUI sebagai salah satu pionir dalam pengembangan kendaraan berbasis listrik, selama ini telah melahirkan beberapa inovasi , yaitu bus listrik Molina dan mobil listrik Makara Electric Vehicle.

Banyak keuntungan yang didapatkan dengan penggunaan kendaraan berbasis listrik, terutama masalah pencemaran udara dan kaitannya dengan ketersediaan sumber daya fosil yang semakin menipis.

Biaya operasional kendaraan listrik juga lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil. Misalnya dalam waktu pengisian baterai bus listrik selama 5-6 jam bisa menempuh jarak hingga 60 kilometer (km).

Pengisian baterai untuk kendaraan listrik juga lebih mudah, karena dapat dilakukan sendiri oleh pengguna di rumah tanpa melalui rantai distribusi yang panjang, seperti yang terjadi selama ini dengan bahan bakar fosil.

Dalam hal pengisian baterai inilah, peranan SPLU menjadi penting, karena pengisian tidak harus selalu dilakukan di rumah, namun juga di tengah perjalanan di SPLU terdekat.

Pengadaan SPLU di FTUI adalah salah satu usaha UI dalam membudayakan penggunaan transportasi berbasis listrik.SPLU ini dapat dipergunakan oleh sivitas akademika untuk melakukan proses charging sepeda listrik, mobil listrik, motor listrik, atapun penggunaan listrik untuk acara-acara luar ruang. (sak)

Bagikan artikel ini