Surabaya Siap Sambut Tamu se-Asia Pasifik

Surabaya Siap Sambut Tamu se-Asia Pasifik

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bertemu dengan Sekretaris Jenderal UCLG Bernardia Tanjaya. Keduanya membahas persiapan UCLG Aspac se-Asia Pasifik yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-15 September 2018 di Dyandra Convention Hall, Surabaya.

Wali Kota Risma – sapaan akrabnya mengaku, persiapan UCLG tahun 2018 di Kota Surabaya sudah dipersiapkan sejak tahun lalu karena membawa nama Surabaya dan negara Indonesia.

“Kota Surabaya, Pemda, Kabupaten/Kota sudah siap menyambut acara ini,” ujarnya di lobby balai kota lantai 2, Sabtu (25/8).

Persiapan yang matang membuat Risma tidak sabar menyambut kedatangan para delegasi dari berbagai kota dan daerah se-asia pasifik mulai dari pemerintah, perguruan tinggi dan LSM dalam acara kongres ke-7 UCLG Aspac tersebut.

“Saya ingin para delegasi mengenal Kota Surabaya mulai pelayanan administrasi hingga kulinernya dengan memberikan pelayanan terbaik serta menjadikan Surabaya sebagai rumah kedua,” paparnya.

Mengusung tema “Pembangunan Inovasi untuk Kota Berkelanjutan”, Risma menjelaskan alasan dipilihnya tema tersebut karena dirinya mengaku banyak sekali permasalahan kota yang harus diselesaikan secara bersama sama.

“Dengan tema ini kita bisa share, membagi ilmu, mengadakan bilateral atau penjajakan sister city untuk menyelesaikan berbagai macam permasalah di kota masing masing,” terangnya.

Risma berharap, para delegasi bisa belajar tentang smart city, pengelolaan kebersihan, sentral room untuk melayani warga surabaya yang mengalami permasalahan keluarga dan berbagai pelayanan administrasi. “Diharapkan mereka dapat menerapkan di kotanya masing-masing” imbuhnya.

Dikarenakan acara berlangsung selama 3 hari, Risma memberikan hiburan wisata bagi para delegasi seperti culture show, city tour, menaiki becak, andong dan mobil tua. Selain itu, mereka juga dapat membeli makanan lalu belanja di Surabaya.

“Mungkin itu bisa meningkatkan perekonomian kota sekaligus menjadikan pengalaman yang tidak akan dilupakan oleh para delegasi selama di Surabaya,” jelasnya.

Bernardia selaku Sekretatis Jenderal UCLG mengaku senang karena Pemkot dan warga Surabaya sudah siap menyambut para tamu dari berbagai negara se-Asia Pasifik. “Saya sangat senang sekali dan saya yakin acaranya akan sukses,” ungkapnya.

Acara 2 tahunan tersebut, kata Bernardia, sangat bagus untuk Surabaya maupun para delegasi. Alasannya, para delegasi bisa belajar dari Surabaya yang mana pembangunan kotanya sudah masuk level dunia. “Ini sesuatu yang membanggakan bagi warga Surabaya sendiri maupun negara Indonesia,” tandasnya. (ita)

Bagikan artikel ini