Surabaya Terapkan Kawasan Zona Parkir

Surabaya Terapkan Kawasan Zona Parkir

Setelah melakukan sosialisasi dan mengeluarkan surat edaran kepada para juru parkir (jukir) terkait penetapan 10 zona, Dishub Kota Surabaya akan segera menerapkan parkir zona dimulai sejak Senin (20/3) mendatang. Penerapan parkir zona ini bermaksud untuk mengatur tarif parkir yang baru untuk kawasan tertentu, yang nilainya lebih tinggi dibanding sebelumnya.

“Penerapan parkir zona sejak tanggal 20 Maret 2017. Kami sudah sosialisasi dan sudah mengeluarkan surat edaran kepada para jukir,” kata Kepala UPTD Parkir Tepi Jalan Umum Dinas Perhubungan Surabaya Trangono Wahyu Wibowo, Kamis, (16/3).

Dia menjelaskan, bahwa dasar penerapan parkir zona ini adalah Peraturan Wali Kota Surabaya No 3 Thn 2017 tentang Pedoman Penetapan Parkir Zona di Kota Surabaya dan No 1 Thn 2009 tentang Penyelenggaraan Perparkiran dan Retribusi Parkir, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Dishub Kota Surabaya bernomor 974/62/436.7.14.3/2017.

Dalam isi Surat Edaran, secara detil dijelaskan tarif parkir untuk satu kali parkir. Oleh karena itu, para jukir diminta untuk menyesuaikan dengan tarif yang baru dan jumlah setoran sesuai dengan penggunaan jasa parkir.

“Surat Edaran itu sudah kami sebar sejak tanggal 14 Maret 2017 kemarinnya. Kami juga sudah sosialisasikan kepada masyarakat sejak lama tentang penerapan parkir zona ini,” terangnya.

Adapun tarif parkir zona yang bakal diberlakukan adalah sebagai berikut, khusus untuk truck gandeng, trailer atau sejenisnya Rp 15.000; truck, bus atau sejenisnya Rp 10.000; truck mini atau sejenisnya Rp 7.500; mobil sedan, pick up atau sejenisnya Rp 5.000; sepeda motor atau sejenisnya Rp 2.000 dan sepeda Rp 1.000. (yul)

10 Kawasan Zona Parkir di Surabaya:

1. Kawasan Jembatan Merah (Jln Kembang Jepun, Jln Kapasan, Jln Rajawali, Jln Songoyudan, Jln Slompretan, Jln Nyamplungan, Jln Pegirian dan Jln Dukuh).
2. Kawasan Tugu Pahlawan (Jln Dupak, Jln Tembaan, Jln Pasar Besar Wetan, Jln Pahlawan, Jln Kramat Gantung, Jln Bubutan, Jln Jagalan).
3. Kawasan Tunjungan (Jln Gemblongan, Jln Tunjungan, Jln Praban, Jln Genteng Besar).
4. Kawasan Blauran (Jln Blauran, Jln Kranggan, Jln Bubutan, dan Jln Tidar).
5. Kawasan Embong Malang (Jln Embong Malang, Jln Urip Sumoharjo, Jln Kedung Doro).
6. Kawasan Pasar Atom (Jln Waspada, Jln Stasiun Kota, Jln Gembong, Jln Bunguran, Jln Semut Baru, Jln Pengampon).
7. Kawasan Taman Bungkul (Jln Taman Bungkul, Jln Progo, Jln Serayu).
8. Kawasan Balai kota (Jln Sedap Malam, Jln Jaksa Agung Suprapto, Jln Jimerto, Jln Wijaya Kusuma, Jln Pacar, Jln Walikota Mustajab dan Jln BKR Pelajar).
9. Kawasan Kertajaya (Jln Kertajaya, Jln Manyar Kertoarjo, Jln Darmawangsa, Jln Pucang Anom).
10. Kawasan Keputran (Jln Keputran, Jln Dinoyo, Jln Pandegiling, Jln Kayon).

Bagikan artikel ini