Survei Seismik Laut 3D Elnusa Rampung

Survei Seismik Laut 3D Elnusa Rampung

PT Elnusa, perusahaan nasional terkemuka penyedia jasa energi, telah menyelesaikan pekerjaan seismik laut tiga dimensi (3D) dengan klien Talisman Andaman BV, di Laut Andaman Provinsi Aceh pada akhir November 2017 lalu.

Pekerjaan seismik laut dengan luas area lebih dari 3.000 km2 ini merupakan pekerjaan survei seismik 3D terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Survei ini dikerjakan dengan menggunakan teknologi Continuous Line Acquisition & Marine Seismic Broadband dan dilakukan dengan ‘ELSA Regent’ kapal seismik terbesar berbendera Indonesia milik Elnusa.

Kapal ini dilengkapi dengan streamer yang dapat dibentang sepanjang 10×10 km dan diawaki oleh putra putri terbaik Indonesia.

Direktur Pengembangan Usaha Elnusa Budhi N Pangaribuan mengatakan, pihaknya berhasil menyelesaikan pekerjaan seismik laut 3D secara tepat waktu dan menghasilkan data seismik berkualitas tinggi dan diakui oleh klien.

“Hal ini merupakan bukti bahwa kami sebagai perusahaan jasa energi nasional mampu untuk memberikan layanan jasa migas terbaik,” ujar Budhi.

“Selain itu dengan keunggulan yang dimiliki, kapal ELSA Regent dapat dimanfaatkan oleh seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk kegiatan eksplorasi migas maupun kegiatan lainnya di wilayah nasional dan regional,” tambahnya.

Pekerjaan survei seismik ini didukung oleh sinergi antar Elnusa group dan anak usaha PT Pertamina lainnya.

Rampungnya proyek survei seismik laut 3D ini tentunya menambah optimisme kinerja Perseroan pada penghujung tahun. Proyek seismik darat 3D lain di Papua Barat juga dalam tahapan penyelesaian. Berjalan baiknya beberapa proyek ini merupakan penopang utama pendapatan Elnusa di jasa hulu migas.

Pada tahun ini Elnusa juga terus menggenjot pertumbuhan bisnis melalui jasa non-asset based engineering, procurement, construction, operation & maintenance (EPC-OM) dan jasa hilir migas transportasi dan logistik BBM. “Hal ini membuat kami semakin optimis untuk menutup penghujung tahun 2017 dengan capaian positif yang menggembirakan,” tambah Budhi. (sak)

Bagikan artikel ini