Tanoto Foundation dan Pemuda Indonesia
KOMUNITAS PERISTIWA

Tanoto Foundation dan Pemuda Indonesia

Tanoto Foundation, organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, hari ini meluncurkan TELADAN, sebuah program pengembangan kepemimpinan yang dirancang untuk membekali generasi muda Indonesia menjadi pemimpin masa depan.

Peserta program TELADAN, selain mendapat dukungan beasiswa secara penuh, juga dibekali dengan berbagai pelatihan dalam bidang pengembangan diri dan karier, dukungan untuk memiliki wawasan internasional.

Serta dorongan untuk memenjalankan kegiatan sosial dalam rangka mempersiapkan mereka agar dapat berkontribusi secara positif bagi komunitas tempat mereka tinggal dan bekerja.

“Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga meyakini bahwa generasi muda Indonesia membutuhkan lebih dari sekadar pendidikan formal, namun disertai dengan nilai-nilai positif yang dapat mendorong mereka menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Kami mengapresiasi hadirnya program TELADAN dari Tanoto Foundation sebagai wadah untuk menggembleng generasi muda menjadi calon pemimpin yang unggul dan berkompeten,” ujar Prof Dr Faisal Abdullah SH MSi DFM, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora.

Sementara CEO Global Tanoto Foundation J Satrijo Tanudjojo, mengatakan, program TELADAN adalah bentuk komitmen mendukung pengembangan komunitas kepemimpinan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Melalui program ini, Tanoto Foundation memberi kesempatan mahasiswa berprestasi untuk mengembangkan potensinya melalui beasiswa, mendorong mereka untuk aktif menjalankan kegiatan sosial, juga kesempatan studi ke luar negeri.

Peserta program TELADAN, atau yang disebut Tanoto Scholars, juga mendapatkan pelatihan pengembangan kepemimpinan berjenjang sejak tahun pertama kuliah hingga lulus dan memasuki dunia kerja.

“Dengan program yang holistik ini, kami percaya bahwa para penerima program TELADAN bukan hanya menjadi pemimpin di masyarakat, tetapi menjadi pemimpin yang peduli, berwawasan internasional, dan bertanggung jawab,” papar J Satrijo Tanudjojo.

Pendaftaran program TELADAN dibuka mulai 5 hingga 30 September 2018. Program ini dirancang untuk mahasiswa semester pertama di sembilan perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation di Indonesia.

Manfaat bagi Tanoto Scholars antara lain, biaya kuliah dan uang saku sepanjang masa kuliah, program pengembangan kepemimpinan berjenjang yang dimulai dari tahun pertama kuliah hingga lulus dan memasuki dunia kerja, kesempatan mengikuti program studi ke luar negeri, serta dukungan untuk menjalankan kegiatan sosial.

Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas keyakinan bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh.

Tanoto Foundation memulai kegiatannya pada 1981, saat Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto membangun Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatera Utara.

Sampai saat ini, Tanoto Foundation telah mendukung 560 sekolah yang menjangkau 50.000 murid dan meningkatkan kapasitas lebih dari 5.100 guru.

Dalam bidang Pengembangan Kepemimpinan, Tanoto Foundation membina calon pemimpin masa depan untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat. Hingga saat ini, Tanoto Foundation telah mendukung 7.100 mahasiswa yang bekerja sama dengan 35 perguruan tinggi mitra. (sak)