UGM Loloskan Proposal PKM Terbanyak

UGM Loloskan Proposal PKM Terbanyak

UGM berhasil meloloskan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak yang mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) yakni sebanyak 227 proposal penelitian.

Proposal tersebut akan diseleksi kembali dan diikutkan dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018. Pada tahun ini, penyelenggaraan PIMNAS akan berlangsung di Yogyakarta sekitar bulan Agustus mendatang.

“Ada 227 proposal PKM UGM berhasil didanai Dikti dan jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibanding perguruan tinggi lainnya di Indonesia,” ungkap Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM Suherman PhD, Rabu (11/4).

Sementara urutan berikutnya adalah Universitas Brawijaya dengan 175 PKM, ITS dengan 148 PKM, IPB dengan 140 PKM, dan Universitas Diponegoro dengan 140 PKM.

Suherman menyampaikan UGM mengajukan sebanyak 700 proposal PKM. Namun, dari jumlah tersebut baru 227 proposal yang lolos memperoleh dana hibah penelitian dari Dikti.

“Kita bersyukur dan bangga bisa menjadi universitas yang berhasil meloloskan proposal PKM terbanyak. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan semangat seluruh tim PKM mahasiswa, dosen pembimbing, dosen pembina, hingga mahasiswa di PKM Center UGM,” jelasnya.

Suherman mengatakan capaian ini bukanlah menjadi akhir dari perjuang tim PKM UGM. Namun begitu, perjalanan dan perjuangan ke depan masih panjang untuk sampai ke PIMNAS.

Seluruh proposal yang mendapat dana Dikti masih akan diseleksi kembali melalui proses monitoring dan evaluasi (monev). Proposal yang dinyatakan lolos dari tahapan ini berhak maju ke PIMNAS.

“Oleh sebab itu, ke depan kami berupaya memperkuat tim PKM untuk menghadapi proses selanjutnya. Harapannya bisa banyak proposal yang lolos melaju ke final dan meraih juara di PIMNAS mendatang,” harapnya. (sak)

Bagikan artikel ini