Unik, Sosialisasi Pilgub Lewat Ketoprak

Unik, Sosialisasi Pilgub Lewat Ketoprak

Anggota Rampak Sarinah Kediri Komunitas Seni Budaya, Lilik Suharti melakukan terobosan menarik dalam melakukan kampanye kepemimpinan perempuan sekaligus sosialisasi tentang Puti Guntur Soekarno.

Rampak Sarinah Kediri menyelenggarakan pertunjukan ketoprak gratis pada Senin 12/6) malam di Dusun Tawang, Desa Sumber Bendo, Kec Pare, Kab Kediri.

Group Ketoprak Gajah Mada asal Jombang pimpinan Kang Jari mementaskan lakon serial Sudiro dengan judul WARIANTI TANDING. Cerita tentang kepahlawan seorang ksatria perempuan Warianti dalam membela negaranya dengan cara menumpas para penjahat yang merugikan negaranya.

Pertunjukan yang berlangsung santai dan interaktif tersebut dihadiri sekitar 500 orang dalam gedung sementara berdinding bambu sumbangan penduduk sekitar. Para pemain maupun penabuhnya sudah sepuh-sepuh bahkan pesinden utamanya berusia 70 tahun namun pengunjungnya para muda dan anak-anak yang antusias menunggu babak lawakan dengan tokohnya Budi Jambul.

Eva Sundari dengan didampingi pengurus Rampak Sarinah Kediri membuka pertunjukan dengan memberikan pidato pengantar. “Ini lakon asyik, sesuai trend jaman yaitu meningkatnya kepemimpinan perempuan seperti yang pernah Indonesia punya mulai Ratu Sima, Gayatri hingga Megawati. Kita harus lanjutkan dengan memenangkan Mbak Puti yang cucu Bung Karno demi memenangkan Jokowi,” kata anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini bersemangat.

Eva Sundari selanjutnya menandaskan bahwa berpolitik memang harusnya ada demensi budaya karena sebenarnya politik berisi nilai-nilai mulia. Dengan demikian politik bisa membawa kegembiraan dan perdamain.

“Kita dukung strategi berpolitik Rampak Sarinah yang mengintegrasikan seni budaya untuk memperhalus budi dan mencerdaskan jiwa”, kata Eva Sundari dalam sambutannya. Lilik Suharti menjelaskan bahwa pertunjukan tersebut juga dimaksudkan sebagai partisipasi Rampak Sarinah dalam mengisi Bulan Bung Karno. (ita)

Bagikan artikel ini