Unpar Juara Kompetisi Arsitektur

Unpar Juara Kompetisi Arsitektur

Sejumlah mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan meraih juara 1 dan Spacial Mention Award dalam Kompetisi International Tropical Architecture Design (ITAD) 2016 di Singapura. Mereka adalah Maria Vannesa dan Timothy Vittorio bersama Dennis Cahya Indra.

Maria Vannesa melalui proyek berjudul ‘The Nexus Project’ berhasil meraih juara 1 dan Honourable Mention. Sementara, Timothy Vittorio bersama Dennis Cahya Indra, melalui proyek yang mereka beri judul ‘Green Methamorph Project’ berhasil meraih Special Mention Award.

Kompetisi International Tropical Architecture Design (ITAD) diikuti oleh sebanyak 131 karya yang berasal dari 15 negara.

ITAD 2016 merupakan kompetisi yang mencari inovasi serta solusi desain yang berkelanjutan dengan tema besar ‘The Future of Green Tropical Living’ pada kota urban yang menjadi pilihan para peserta.

Proyek yang dikompetisikan harus mampu mengakomodasi dan melayani kebutuhan sekitar 300 rumah tangga dari semua kelompok umur.

Proyek tersebut harus dapat beradaptasi dengan perubahan iklim serta mendorong lingkungan yang layak huni, dimana hubungan antar manusia dan integrasi serta semangat antar komunitas dapat terjalin ruang publik yang dibangun.

Kompetisi ITAD 2016 ini diadakan Building and Construction Authority (BCA), Singapore Institute of Architects (SIA), dan Singapore Green Building Council (SGBC) di Singapura.

Ajang yang menjadi bagian dari perhelatan tahunan Singapore Green Building Week dan International Green Building Conference (IGBC) tersebut memiliki fokus pada tropical green architecture dan sustainable building design solutions.

Pada 2014 lalu, tim dari Unpar (Adrian Immanuel dan Tika Dwiputri) menjadi juara kedua dengan mengusung proyek ‘Green Modular Housing System’. Sedangkan tahun lalu, mereka menjadi juara dengan proyek ‘Green Glitch Overture’. Tim waktu itu terdiri dari Klaus Nikolai Dengen, Arza Triandra Octarino Waas, Fauzan Meidireza, Indra Prasasto dan Prawidhana Respati. (sak)

Bagikan artikel ini