Wajan Bolic Mahasiswa di Sekolah Pesisir

Wajan Bolic Mahasiswa di Sekolah Pesisir

Internet memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Karena didalamnya banyak terkandung ilmu pengetahuan yang luas. Hanya saja tak semua orang bisa menikmati internet. Salah satunya masyarakat di Dusun Maccini Baji, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Untuk mendorong pemanfaatan internet di desa tersebut mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan pembuatan Wajan Bolic kepada masyarakat khususnya anak muda.

Pelatihan dilakukan karena adanya akses wifi gratis yang tidak dimanfaatkan masyarakat Dusun Maccini Baji tersebut. Wajan bolic merupakan antene dari bahan wajan. Alat ini mampu menangkap sinyal internet dengan jangkauan lima kilometer.

Aslinda Putri, mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika menuturkan, pembuatan alat ini merupakan inisiatif mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didukung Kemenristekdikti. Kegiatan pelatihan mereka lakukan mulai dari bulan April hingga Mei 2016.

“Rangkaian pelatihan meliputi pengurusan administrasi, sosialisasi kegiatan, penyediaan alat dan bahan, dan pelaksanaan kegiatan,” kata Aslinda.

Adapun, pelatihan membuat wajan bolic digelar pada 21 Mei lalu. Dalam pelatihan ini mahasiswa UNM langsung mendampingi anak muda disana membuat wajan bolic hingga selesai.

Dalam memberikan pelatihan Aslinda tidak sendiri, dia dibantu beberapa rekanya seperti Muhammad Alimka dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Lu’lu Yu’tikan Nabilah dari Prodi Pendidikan Matematika, serta Gunawan sebagai volunteer dari Prodi Pendidikan Elektro.

Aslinda berharap lewat pelatihan ini anak muda Dusun Maccini Baji dapat menyebarkan pengetahuannya kepada dusun-dusun lainnya dan bermanfaat untuk sekolah.(sak/foto unm.ac.id)

Bagikan artikel ini