Waspadai Penipuan Penerimaan CPNS 2017

Waspadai Penipuan Penerimaan CPNS 2017

Setelah pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua instansi Agustus lalu, kini pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua di 60 Kementerian/Lembaga dan 1 Pemerintah Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara, dengan total formasi yang ditawarkan sebanyak 17.928 lowongan bagi CPNS.

Jadwal pendaftaran online di semua instansi yang membuka lowongan CPNS, dimulai serentak pada 11 September dan berakhir 25 September 2017 pukul 23.59 WIB.

Menteri Pendaya gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur mengatakan, kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai, pada jabatan-jabatan strategis yang mendukung Nawacita, sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.

Diingatkan, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.

Belajar dari pengalaman banyaknya penipuan, dalam setiap proses recrutmen CPNS selama ini, masyarakat khususnya para pelamar CPNS, tentunya perlu berhati hati dan waspada, terhadap upaya-upaya penipuan, yang mungkin saja dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, untuk memanfaatkan momen tersebut.

Sudah banyak calon pelamar CPNS menjadi korban penipuan dan menderita kerugian puluhan juta bahkan hingga ratusan juta rupiah, karena mereka menyerahkan uang kepada oknum yang mengaku bisa membantu yang bersangkutan lulus, dalam penerimaan CPNS tersebut.

Oleh karena itu, penegasan Menpan RB yang menyatakan tidak ada orang yang bisa membantu meluluskan CPNS dalam proses rekrutmen CPNS tahun ini, perlu menjadi perhatian serius masyarakat, agar tidak tertipu.

Hal penting yang juga harus dilakukan para pelamar agar terhindar dari praktek penipuan adalah, melakukan pendaftaran melalui laman resmi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi – Kemenpan RB atau melalui Kementrian dan Lembaga yang membuka lowongan CPNS, dan bukan melalui calo. (sak)

Bagikan artikel ini