WikiEdu, Portal Khusus Istilah Pendidikan

WikiEdu, Portal Khusus Istilah Pendidikan

Sejumlah relawan pegiat pendidikan meluncurkan WikiEdu Indonesia di Kemendikbud. Peluncuran dilaksanakan bersamaan perayaan #PestaPendidikan oleh lebih dari 100 komunitas pendidikan di Indonesia.

WikiEdu Indonesia adalah istilah pendidikan berbahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dimengerti. WikiEdu Indonesia ditujukan untuk praktisi pendidikan, tenaga kependidikan, pembuat kebijakan, awak media dan orang awam.

Sebagai portal berbentuk wiki, konten WikiEdu Indonesia tidak dikembangkan satu atau dua orang saja. Siapapun yang merasa punya pengetahuan, dan pemahaman mengenai istilah pendidikan bisa mengembangkan konten WikiEdu Indonesia.

Weilin Han, salah satu penggagas WikiEdu Indonesia mengatakan, WikiEdu Indonesia lahir karena adanya keprihatinan mengenai minimnya referensi berbahasa Indonesia mengenai berbagai istilah pendidikan.

Padahal istilah tersebut perlu dipahami praktisi pendidikan, seperti guru, pembuat kebijakan, awak media yang menulis berita pendidikan, dan orang awam, termasuk orangtua.

“Ketika saya memberikan pelatihan guru di daerah, seringkali saya mendapatkan pertanyaan seperti ‘RPP yang benar itu seperti apa sih?’, ‘apa saja yang harus ada di RPP’, ‘contohnya seperti apa?’ Artinya, ada kebutuhan untuk bisa menjangkau referensi mengenai berbagai istilah-istilah tersebut,” katanya.

Dhitta Puti Sarasvati, salah satu penggagas menambahkan dalam dunia pendidikan ada banyak istilah spesifik seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), pembelajaran terintegrasi dan istilah lainnya.

Baik guru, pembuat kebijakan, praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, penulis berita, punya kebutuhan memahami istilah tersebut. “Sayangnya referensi berbahasa Indonesia terbatas dan tidak selalu mudah diakses,” kata Dhitta Puti yang juga praktisi pendidikan ini.

Alangkah menyenangkan kalau ada portal online berisi penjelasan sederhana tentang berbagai istilah pendidikan disertai contoh sderhananya, lanjutnya. WikiEdu Indonesia bisa diakses di http://wikieduindonesia.org. (sak)

Bagikan artikel ini