Wonderful Indonesia di World Cup 2018

Wonderful Indonesia di World Cup 2018

Momentum Piala Dunia 2018 di Rusia, dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk melakukan promosi. Brand Wonderful Indonesia pun eksis di Negeri Beruang Merah. Sebelumnya, Wonderful Indonesia juga memeriahkan Piala Eropa, alias Euro 2016, di Perancis.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, kementerian yang dipimpinnya akan all out untuk membranding Wonderful Indonesia di Negeri Beruang Merah itu.

“Industri sport tourism di sepak bola juga hidup dan berkembang, termasuk model bisnisnya. Olahraga sepak bola sendiri paling banyak ditonton orang, juga paling sering dibicarakan,” tuturnya, Senin (25/6).

Dijelaskan Menpar, sepakbola memiliki kelompok pendukung yang fanatik. Hal ini yang harus dimanfaatkan. “Fakta-fakta bahwa sepak bola punya community yang fanatik dan jumlah besar, hal itulah yang harus kita tangkap,” jelasnya.

Arief menambahkan, strategi promosi sangat diperlukan dalam situasi seperti ini. “Ketika budget promosi kita terbatas, maka gunakan secara efektif di momentum yang tepat, terlebih ketika perhatian dunia sedang ke sana,” katanya.

Promo di Rusia adalah lanjutan dari kesukesan promo Wonderful Indonesia di berbagai belahan dunia tahun 2017 lalu. Di Rusia, branding pariwisata Indonesia dilakukan melalui media ruang terpasang di Pasar Rusia.

Promosi Wonderful Indonesia benar-benar menghiasi Kota Moscow. Caranya dengan mem-branding 2 unit Open Great Bus, mulai dari 1 – 20 Juni 2018.

Berbagai keindahan destinasi pariwisata seperti Bali dan Borobudur, disertai dengan logo Wonderful Indonesia serta Asian Games 2018 bertebaran di kota ini.

Bus ini akan menelusuri jalan-jalan utama di Ibu kota Rusia. Dan menjadi perhatian jutaan pasang mata yang memenuhi Rusia selama Piala Dunia 2018 berlangsung.

Promosi di Rusia akan diteruskan pada 2 Digital Billboard di Novie Arbat (Moscow) dan Yerevan Plaza (Moscow), tanggal 16 Juni – 15 Juli 2018.

Selain Moscow, pada tahun ini akan dilakukan pemasangan juga di Saint Petersburg. Yaitu pada 21 unit Bus Big dan 4 unit Bus Mini yang akan mulai tayang pada tanggal 26 Juni 2018.

Promosi media ruang di Rusia ini, diharapkan mampu mendongkrak minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Dua tahun lalu, saat perhelatan Piala Eropa, atau Euro Cup 2016 dilangsungkan di Kota Paris, brand Wonderful Indonesia terlihat sangat mencolok.

Dijelaskan Menpar, promo di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018 bertujuan untuk menjaring jutaan penonton Eropa.

“Kita membidik target market jutaan orang-orang Eropa yang gila bola. Maklum, antar negara Eropa sudah tidak ada border, alias bebas Visa Kunjungan, sehingga mudah bergerak antarnegara,” jelasnya.

Arief menyebut di mana ada crowds, di situlah tempat efektif untuk promosi. “Momentum Piala Eropa dan Piala Dunia adalah timeline yang pas,” katanya.

Rumus yang digunakan adalah DOT. Atau Destinasi, Originasi, Timeline. Dan Momentum ini sangat tepat. Karena kehadiran brand Wonderful INdonesia bisa viral di mana-mana. (sak)

Bagikan artikel ini