Yuk Daftar! Bekraf Katapel 2018

Yuk Daftar! Bekraf Katapel 2018

Kurangnya kolaborasi antara para profesional di industri kreatif atau pemilik IP lokal dan hampir tidak pernah bersinggungan dengan para profesional di bidang pemasaran lisensi, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) membuat Katapel, yaitu Program Pelatihan Pemasaran Lisensi Intellectual Property (IP) Kreatif Indonesia.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik mengatakan program Katapel ini perlu segera ditetapkan di Indonesia agar perkembangan sektor ekraf nasional bisa lebih mengarah pada kapitalisasi IP right.

“Sehingga dapat menunjukkan kontribusi ekonomi yang lebih besar terhadap perekonomian nasional dan proyeksinya agar pemasaran IP right karya-karya anak Indonesia bisa juga dengan cepat mendapatkan nilai tambah ekonomi baik di pasar nasional maupun internasional,” ujar Ricky Pesik saat jumpa pers program ini di Jakarta, (8/10).

Menurutnya, ketika bicara tentang kuliner, kriya dan fesyen, sektor ini basis terbesarnya ada pada kekuatan produksi, artinya peningkatan nilai dari ketiga subsektor tergantung dari kemampuan kekuatan lini produksi, karena ini 3 hal utama dalam kebutuhan sehari-hari manusia.

Tetapi yang tidak boleh dilupakan potensi ini besar karena sebuah gagasan bisa dilipatkan nilai ekonominya tanpa perlu menyandarkan pada kekuatan produksi, inilah sebabnya muncul IP.

”Bisnis industri kreatif sangat mengandalkan kekuatan kapitalisasi IP right untuk mendapatkan nilai tambah ekonomi yang lebih dominan atau besar,” kata Ricky.

Bekerjasama dengan Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI) dan didukung oleh Danumaya Dipa, konsultan IP kreatif, program Katapel ini mengundang semua pelaku kreatif, kreator, atau pun mitra bisnis dari para kreator dari berbagai bidang kreatif. Khususnya bidang animasi, film, komik, dan games, namun tidak menutup kemungkinan dari bidang kreatif lainnya untuk mendaftar.

Dari seluruh peserta yang mendaftar akan diseleksi 50 IP/Peserta yang berkesempatan mengikuti Short Course atau Kursus Kilat selama 6 hari yang akan mengangkat materi secara mendalam seperti membuat strategi komersialisasi dan distribusi IP agar dapat memiliki nilai jual lisensi yang tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kelanjutan dari kegiatan Short Course atau Kursus Kilat dalam program Katapel ini akan dilakukan tahap seleksi ke 2 untuk memilih 15 Peserta/IP yang akan mengikuti Demo Day di mana para peserta berkesempatan untuk mempresentasikan profil IP mereka di depan para calon investor atau pembeli lisensi IP.

Pada tahap seleksi ketiga, akan terpilih 5 Peserta/IP yang kemudian berkesempatan mendapatkan bimbingan secara eksklusif untuk mengembangkan strategi komersialisasi IP mereka. Para 5 Peserta/IP terpilih ini juga kemudian akan berkesempatan ikut serta pada acara-acara trade show berskala internasional dengan dukungan dari Bekraf.

Pendaftaran program Katapel ini dibuka sampai 17 Oktober 2018 yang kemudian akan melalui tahap seleksi pertama.Detail program Katapel dan tata cara pendaftaran dapat diakses di www.katapel.id. (sak)

Bagikan artikel ini